Alasan Bayi Suka Menggigit Puting Ibunya Saat Menyusu

Alasan Bayi Suka Menggigit Puting Ibunya Saat Menyusu | Setiap ibu ingin memproleh yang terbaik melalui ASI, namun tak jarang ibu mendapatkan pengalaman yang kurang mengenakkan. Misalnya pada bulan-bulan pertama menyusui, ibu harus berjuang agar ASI lancar dan berlimpah. Kemudian masalah lainnya ialah si kecil yang sering menggigit puting ibu.

Alasan Bayi Suka Menggigit Puting Ibunya Saat Menyusu

Permasalahan bayi menggigit puting merupakan hal yang sering terjadi. Kondisi seperti ini kadang kali menjadi momok yang menjengkelkan bagi para ibu. Puting yang luka, lecet, bahkan berdarah harus ditahan demi memberikan gizi terbaik untuk sang bayi. Tahap menyusui yang penuh dengan perjuangan ini, tak jarang membuat ibu menyerah untuk memberikan ASI di kala bayinya mulai tumbuh gigi. Sebagian ibu memilih memompa ASI atau mengganti dengan susu formula.

Alasan Bayi Menggigit Puting

  • Tumbuh gigi

Usia  pada fase mulai tumbuhnya gigi inilah yang menjadi perjuangan bagi seorang ibu. Bayi yang mulai tumbuh gigi, gusinya menjadi bengkak dan sakit. Masa-masa ini bayi juga suka menggigit sesuatu di sekitarnya dengan gemas. Terkadang saat tumbuh gigi ini juga menyebabkan air liur berlebih pada bayi. Nah, bayi membutuhkan sesuatu untuk mengurangi ngilu dan sakit yang dihadapi. Sasaran yang paling mudah ditemui bayi untuk meluapkan ngilu pada gusi, yaitu puting dari ibunya.

  • Bentuk protes bayi

Alasan ini sebagai bentuk protes bayi karena sang ibu tidak mencurahkan seluruh perhatian dan kasih sayangnya ketika menyusui. Pada beberapa kebiasan, ibu mungkin menyusui sambil melakukan hal lain, seperti menggunakan handphone, mengobrol dengan orang lain, atau melakukan hal yang bayi anggap tidak memerhatikan mereka.

  • Ajakan bercanda dan berterimakasih

Pada saat selesai menyusui, bayi kadang suka iseng menggigit puting ibunya sambil menunjukkan senyuman atau tawanya di akhir. Hal ini menunjukan bahwa ia menunjukan rasa terimakasih kepada Anda karena telah menyusui. Setelah bayi kenyang, ia juga ingin mengajak ibunya bercanda. Karena belum bisa berbicara atau mengekspresikan kemauannya, akhirnya bayi akan menggit puting sebagai tanda mengajak.

Cara Mencegah Bayi Menggigit Saat Menyusu

  1. Pastikan posisi menyusui Anda dengan bayi sudah benar.
  2. Berikan perhatian Anda sepenuhnya selama proses menyusui.
  3. Jika puting digigit, tunjukkan reaksi Anda dengan lembut dengan menghentikan sejenak proses menyusui.
  4. Kenali sikap bayi saat mulai lapar.
  5. Posisikan puting Anda dalam mulut bayi dengan menyelipkan jari, agar mengetahui apakah bayi akan menggigit atau tidak.
  6. Berikan empeng, atau sesuatu yang bisa digigit untuk mencegah bayi terus menggigit puting Anda.
  7. Berikan kecupan dan pelukan sambil berbisik lembut, “Jangan digigit ya, sayang.”
  8. Pilih tempat yang nyaman dan tenang agar bayi tidak teralihkan perhatiannya.

Mengobati Lecet Pada Puting

  1. Jaga kebersihan puting dan area sekitar payudara
  2. Bersihkan luka sebelum dan sesudah menyusui
  3. Tidak lepas memberikan ASI, dengan berhenti menyusui puting akan kering dan luka semakin terasa perih
  4. Oleskan sedikit cairan ASI agar puting tetap lembab
  5. Berikan salep lanonin, pastikan bebas alkohol dan bebas bahan berbahaya untuk ditelan bayi

Lihat Juga : Makanan Sehat Untuk Ibu Menyusui Yang Direkomendasikan

Untuk mengobati lecet pada puting akibat gigitan bayi selain dengan cara diatas, anda juga bisa menggunakan QnC Jelly Gamat sebagai Obat Lecet Pada Puting Payudara yang bisa dikonsumsi secara dimakan atau dioles. Sebagai agen resmi QnC Jelly Gamat, kami menyediakan produk yang ORIGINAL yang tentunya bukan barang tiruan ataupun barang kadaluarsa. Untuk informasi lebih jelasnya silahkan menghubungi nomor berikut > SMS / Whatsapp : 085294145551 — BBM : D820B8BB.

| Alasan Bayi Suka Menggigit Puting Ibunya Saat Menyusu |