Alasan Kenapa Tidak Disarankan Langsung Mandi Setelah Olahraga

Kebanyakan orang akan merasa kegerahan setelah berolahraga, karena itulah biasanya mereka akan langsung mandi dengan alasan agar lebih segar. Namun tahukah anda, sebenarnya lansung mandi setelah olahraga sangat tidak dianjurkan. Kenapa? Inilah Alasan Kenapa Tidak Disarankan Langsung Mandi Setelah Olahraga.

Alasan Kenapa Tidak Disarankan Langsung Mandi Setelah Olahraga

Alasan Kenapa Tidak Disarankan Langsung Mandi Setelah Olahraga | Mandi setelah berolahraga sebenarnya boleh dilakukan, asalkan harus dengan cara yang baik dan benar. Melansir dari berbagai sumber, ada beberapa akibat buruk yang akan terjadi ketika anda langsung mandi setelah melakukan olahraga, yang menjadi alasan mengapa tidak disarankan langsung mandi setelah berolahraga, berikut diantaranya :

  • Tubuh lebih mudah terserang flu

Hal ini dapat terjadi jika Anda menggunakan air dingin untuk mandi setelah berolahraga. Kebanyakan orang melakukan ini agar badan terasa lebih segar dan suhu tubuh menurun, ini merupakan presepsi yang salah. Air dingin tidak akan menurunkan suhu tubuh, tapi ketahanan tubuh. Maka dari itu, sebaiknya mandilah dengan air panas setelah melakukan pendinginan pada olahraga. Obat Hepatoma Herbal

  • Risiko terkena serangan jantung

Ketika berolahraga, jantung akan memompa darah dengan lebih cepat ke seluruh tubuh. Jika Anda langsung mandi setelah berolahraga, hal itu akan membuat jantung akan mengalami shock karena perubahan suhu tubuh yang menyebabkan tekanan darah turun secara drastis. Akan lebih baik jika Anda melakukan jeda selama beberapa menit setelah berolahraga sebelum mandi.

  • Tidak berfungsinya kelenjar keringat secara maksimal

Saat berolahraga, tubuh akan mengeluarkan sangat banyak keringat, karena pori-pori terbuka. Jika Anda tiba-tiba mandi, suhu tubuh akan turun, dan pori-pori akan tertutup. Hal ini akan berdampak buruk pada kondisi dan kinerja kelenjar keringat tersebut. Walatra Berry Jus

  • Sakit kepala

Ketika berolahraga, bukan hanya badan yang akan mengeluarkan keringat bukan? Seluruh bagian yang memiliki kelenjar keringat tentu akan ikut berkeringat, termasuk kepala. Maka dari itu, ketika Anda mandi setelah olahraga, kepala akan merasa sakit, itu karena hawa dingin dari air akan membuat kepala yang masih basah dan panas terkejut.

  • Mengalami nyeri sendi dan rematik

Hawa dingin yang datang dari air ketika Anda mandi langsung selesai berolahraga akan membuat sendi terasa nyeri, karena suhu yang berubah secara drastis. Hal ini juga akan semakin memburuk jika Anda mempunyai penyakit osteoporosis.

Baca Juga : Setelah Pubertas, Efek Kafein Pada Laki-Laki Dan Perempuan Berbeda

Alasan Kenapa Tidak Disarankan Langsung Mandi Setelah Olahraga