Alasan Mengapa Makanan Dan Minuman Manis Bikin Cepat Haus

Mengonsumsi makanan atau minuman yang mengandung banyak gula alias manis sering membuat orang harus menenggak banyak air karena kehausan. Mengapa makanan dan minuman manis bikin orang cepat haus?? Inilah Alasan Mengapa Makanan Dan Minuman Manis Bikin Cepat Haus.

Alasan Mengapa Makanan Dan Minuman Manis Bikin Cepat Haus

Alasan Mengapa Makanan Dan Minuman Manis Bikin Cepat Haus | Baru saja menyolek semangkuk chocolate chip, tiba-tiba Anda merasa haus. Rasa haus setelah mengonsumsi makanan manis merupakan reaksi yang umum terjadi. Pertanyaannya, mengapa makanan manis itu membuat kita merasa sangat kering dan kehausan?

Dr. Caroline Apovian, seorang profesor di departemen endokrinologi, diabetes dan gizi di Boston University School of Medicine, Amerika Serikat mengatakan, alasan makanan manis cepat membuat haus berkaitan dengan lonjakan kadar gula darah pada tubuh.

Bila Anda memasukkan (mengonsumsi) gula ke dalam sistem Anda, pertama masuk ke perut Anda, dan kemudian masuk ke aliran darah Anda,” katanya.

Begitu partikel gula mencapai darah, air bergerak keluar dari sel dan masuk ke dalam darah, untuk kemudian mengembalikan keseimbangan dalam darah. Saat sel tubuh kehilangan air, mereka mengirim sinyal ke otak yang menunjukkan tubuh butuh lebih banyak H2O. Hasilnya? Anda akan merasakan dorongan untuk menyesap air lebih banyak.

Baca Juga : Obat Kista Leher Herbal

Rangkaian kejadian ini terjadi cukup cepat. Karena glukosa diserap oleh usus dan masuk ke aliran darah dengan cukup cepat, Anda mungkin merasa haus dalam 5 atau 10 menit,” ungkap Apovian.

Apovian menuturkan, cara terbaik mengatasi haus yang disebabkan gula adalah dengan segelas air, meskipun itu berarti Anda mungkin menginginkan sesuatu yang manis, seperti jus, limun atau cokelat panas. Walatra Berry Jus

Karenanya, memiliki minuman manis di atas makanan penutup yang manis pula tidak akan membantu Anda.

“Anda tidak hanya membingungkan sistem keseimbangan energi Anda dengan memasukkan lebih banyak gula ke dalam tubuh Anda, tapi juga mendapatkan banyak kalori kosong,” imbuhnya.

Sebagai tips, lain kali Anda mengidam makanan manis dengan brownies atau kue gandum, sediakan selalu segelas air putih untuk membantu menjaga keseimbangan tubuh Anda.

Baca Juga : Memelihara Anjing Bantu Turunkan Risiko Penyakit Jantung

Alasan Mengapa Makanan Dan Minuman Manis Bikin Cepat Haus