Alasan Wanita Butuh Tidur Lebih Lama Dibandingkan Pria

Aktivitas perempuan, terutama ibu pada sebagian kalangan jauh lebih banyak dibanding ayah. Kaum hawa seringkali tidur paling terakhir dan bangun paling awal. Alhasil jumlah tidur mereka hanya sedikit. Padahal, wanita sebaiknya tidur lebih lama dibanding pria. Ketahui Alasan Wanita Butuh Tidur Lebih Lama Dibandingkan Pria

Alasan Wanita Butuh Tidur Lebih Lama Dibandingkan Pria

Alasan Wanita Butuh Tidur Lebih Lama Dibandingkan Pria | Keahlian seorang wanita dalam hal multitasking ternyata juga berdampak pada kualitas tidur yang dimiliki. Banyaknya aktivitas yang harus dijalani wanita membuat mereka sering mengalami kesulitan untuk tidur, atau yang biasa dikenal dengan istilah insomnia. Padahal, menurut penelitian Jim Horne yang dikutip melalui lifehack.org, wanita membutuhkan tidur sekitar 20 menit lebih banyak dibandingkan dengan pria setiap malamnya.

Profesor John Horne mengatakan bahwa waktu tidur 20 menit lebih banyak yang dibutuhkan oleh wanita tentu bukanlah ukuran pasti. Karena, beberapa wanita akan membutuhkan waktu tambahan lebih atau bahkan kurang dari 20 menit. Bahkan menurut beliau, pria juga bisa saja membutuhkan waktu tidur 20 menit lebih banyak seperti yang dimiliki wanita jika pria tersebut memiliki pekerjaan yang kompleks dan harus membuat keputusan setiap harinya. Walau begitu, beliau juga mengakui bahwa kebutuhan tidur pria tidak akan lebih banyak dibandingkan dengan wanita. Berikut kami uraikan beberapa alasan mengapa wanita butuh tidur lebih banyak :

  • Keadaan biologis wanita berbeda dengan pria

Sudah sangat jelas bahwa kondisi biologis antara wanita dan pria sangat berbeda. Wanita memiliki hormon yang tingkatannya bisa berubah drastis setiap bulannya.

Tak hanya itu, saat hamil atau menopause, hormon wanita akan berubah dan ini menyebabkan kuantitas dan kualitas tidur mereka terganggu. Karena itu, sangat penting bagi wanita untuk memiliki kualitas tidur yang sangat baik di malam hari.

  • Otak wanita lebih banyak dipakai

Otak wanita dipakai lebih sering daripada pria, dan untuk memulihkannya, mereka butuh waktu yang lebih lama. Inilah yang menyebabkan wanita butuh tidur lebih lama.

Aktivitas di rumah dan kantor membuat otak mereka memikirkan sesuatu lebih banyak dibanding para pria. Karena otak mereka bekerja lebih banyak daripada otak pria, hasil riset menyebutkan bahwa otak wanita membutuhkan waktu yang lebih lama untuk pulih.

  • Otak wanita cenderung lebih kompleks

Karena memiliki otak yang lebih kompleks, para peneliti menyebutkan wanita butuh tidur 20 menit lebih lama daripada pria. Dengan memiliki kualitas tidur yang baik, keadaan psikologis wanita pun akan baik.

  • Tidur berpengaruh pada keadaan mental wanita

Berbagai masalah, seperti depresi, marah, stres, dan sebagainya, dapat meningkat karena kurangnya tidur. Sebaliknya, ketika pria kurang tidur, mereka tidak menunjukkan keadaan tersebut. Tak hanya akan merusak mental, kurang tidur juga akan menyebabkan risiko penyakit lain.

  • Wanita bisa multitasking

Wanita dapat menonton televisi, memotong wortel, dan berbicara di telepon dalam waktu bersamaan. Tak hanya itu, ketiga hal tersebut juga bisa dilakukan tanpa masalah. Contoh kompleksnya, di rumah atau di kantor, wanita juga dituntut untuk melakukan banyak tugas.

Hal-hal tersebutlah yang membuat wanita menggunakan otak mereka lebih banyak daripada pria. Karena itu, wanita akan membutuhkan waktu untuk bersantai dan tidur lebih banyak dan lebih berkualitas.

Baca Juga : Makanan Yang Bantu Sukseskan Program Berhenti Merokok

Nah, itulah Alasan Wanita Butuh Tidur Lebih Lama Dibandingkan Pria. Jangan pernah meremehkan tidur dan istirahat yang cukup. Saat tidur malam adalah waktu yang tepat bagi tubuh untuk beregenerasi dan memperbaharui sel-sel dalam tubuh. Tudur merupakan sebauah cara alami tubuh untuk mengembalikan kondisi tubuh kembali prima. Sekian dan semoga bermanfaat.

| Alasan Wanita Butuh Tidur Lebih Lama Dibandingkan Pria |