Awas, Sering Begadang Bisa Sebabkan Hipertensi

Pakar kesehatan menyarankan kita untuk tidur setidaknya 8 jam setiap malamnya. Sayangnya, karena berbagai kesibukan, kita cenderung tidur kurang dari waktu yang ideal tersebut. Padahal, kurang tidur bisa membuat tubuh menjadi tidak fit dan bahkan bisa memicu munculnya berbagai macam penyakit. Awas, Sering Begadang Bisa Sebabkan Hipertensi.

Awas, Sering Begadang Bisa Sebabkan Hipertensi

Awas, Sering Begadang Bisa Sebabkan Hipertensi | Jika anda pengidap tekanan darah tinggi dan merasa akhir-akhir ini tekanan darah tak terkendali mungkin anda perlu memperbanyak waktu tidur. Para peneliti dari Mayo Clinic beberapa waktu lalu menemukan berkurangnya kuantitas dan kualitas tidur seseorang, sangat berpengaruh pada tekanan darah. Mereka meneliti 16 orang partisipan dan menemukan ketika waktu tidur mereka dikurangi, tekanan darah merekapun secara signifikan terus meningkat di malam hari.

Seperti dilansir dari Huffington Post meski ini adalah penelitian kecil, namun hasil penelitian ini telah dipresentasikan di American College of Cardiology, pada Annual Scientific Session ke 64 di San Diego, 15 Maret lalu.

Delapan orang partisipan dengan berat badan normal dan berusia antara 19-36 tahun mengalami 4 hari periode penyesuaian. Kemudian mereka dibagi menjadi dua kelompok. Kelompok pertama tidur hanya empat jam per hari selama sembilan hari. Sementara kelompok kedua tidur sembilan jam tiap malam selama sembilan hari pula. (Obat Stroke Ringan Herbal)

Lalu mereka semua mengalami masa pemulihan selama tiga hari. Selama 16 hari para peneliti memonitor tekanan darah mereka 24 kali dalam sehari.

Tekanan darah mereka secara alami naik dan turun dalam pola berputar selama sepanjang hari. Cenderung naik di tengah hari dan mencapai angka terendah di tengah malam, saat waktunya mencapai tidur dalam.

Dalam penelitian ini, mereka yang dibatasi tidurnya mencapai 115/64 mm Hg di waktu tidur malam. Sementara yang tidur cukup rata-rata mencapai 105/57 mm Hg saja. Sebagai tambahan, kurang tidur mengakibatkan peningkatan irama detak jantung yang tidak normal pada malam hari.

Kami tahu bahwa tekanan darah tinggi, terutama pada malam hari, adalah faktor utama risiko penyakit jantung terutama pada mereka yang kurang cukup tidur,” kata Naima Covassin, Ph.D., pemimpin penelitian.

Penelitian terbaru ini juga mendemonstrasikan mengapa orang dengan gangguan sleep apnea biasanya juga mengalami tekanan darah tinggi. Menurut National Sleep Foundation, hal semacam ini seringkali tak terdiagnosa pada pasien dengan masalah tidur dengan gejala tidur yang terputus karena napas terhenti akibat mendengkur.

Padahal berkurangnya kualitas tidur pada pengidap sleep apnea juga ternyata tak hanya berakibat meningkatnya tekanan darah. Tapi juga risiko penyakit jantung, gangguan suasana hati hingga masalah ingatan.

Baca Juga : Jalan Kaki Sambil Kunyah Permen Bisa Bikin Lansing

| Awas, Sering Begadang Bisa Sebabkan Hipertensi |