Beragam Posisi Tidur Dan Pengaruhnya Pada Kesehatan

Mungkin ketika anda tidur, anda dapat melakukan berbagai macam posisi tidur untuk membuat anda lebih nyaman. Akan tetapu apakah anda tahu bahwa posisi tidur berpengaruhi dalam kesehatan tubuh anda?? Inilah Beragam Posisi Tidur Dan Pengaruhnya Pada Kesehatan.

Beragam Posisi Tidur Dan Pengaruhnya Pada Kesehatan

Beragam Posisi Tidur Dan Pengaruhnya Pada Kesehatan | Ketika berbicara tentang tidur, semua orang pasti memiliki posisi masing-masing yang akan membuat nyaman. Menurut penelitian yang dilansir dari boldsky, entah tidur dengan telentang, miring atau tengkurap, posisi tidur ternyata mampu mempengaruhi kesehatan tubuh anda. Berikut penjelasannya :

  • Tidur telentang memiliki manfaat yang sama dengan melakukan Yoga

Tidur dengan posisi telentang ternyata sama manfaatnya ketika Anda melakukan gerakan yoga “Savasana” atau yang biasa disebut dengan “death pose” yaitu posisi berbaring lurus. Para ahli Yoga menjelaskan posisi ini bisa memperbaiki postur tubuh, mengurangi sakit kepala, memulihkan energi dan mengurangi insomnia. Terlebih jika matras yang dipakai mengikuti bentuk tubuh Anda saat tidur.

Satu-satunya masalah pada posisi ini adalah pada orang orang yang sering mendengkur dikarenakan lidah nya terjatuh ke belakang dan mengganggu saluran pernafasan sehingga timbullah suara mendengkur.

  • Tidur tengkurap bisa mencederai leher

Banyak orang tidur dengan posisi tengkurap baik secara sadar atau tidak sadar, dan dalam jangka waktu yang cukup lama. Hal tersebut sangat berpotensi mencederai beberapa bagian tubuh Anda, terutama leher Anda. Ketika Anda tengkurap untuk waktu yang lama, anda meletakkan tekanan yang tidak semestinya pada bagian atas tubuh anda. Anda juga menaruh leher anda pada posisi yang tidak nyaman.

Masalah tidur tengkurap tidak hanya pada leher. Anda juga akan meletakkan beban terlalu berat pada paru paru Anda, yang bisa mengganggu sistem pernapasan. Posisi tidur tengkurap harus dihindari sebisa mungkin.

Baca Juga : Obat Herbal Pelancar Haid

  • Tidur miring ke kiri bagus untuk jantung

Posisi tidur miring ke kiri membantu sirkulasi dan peredaran darah pada jantung, dan juga menghindari tekanan langsung pada liver. Oleh sebab itulah banyak ahli kandungan yang menyarankan ibu hamil untuk tidur dengan posisi miring ke kiri dikarenakan Posisi tersebut secara riset adalah posisi paling nyaman saat mengandung, dan juga dipercaya sirkulasi gizi bayi melalui ari ari bisa disalurkan dengan lebih baik.

  • Tidur miring ke kanan menaikkan asam lambung

Tidur miring ke kanan dapat meningkatkan resiko naiknya asam lambung yang dapat menyebabkan insomnia dan rasa tidak nyaman pada perut. Penderita asam lambung sebaiknya melatih tidur dengan cara berganti posisi ke kiri pada malam hari.

Baca Juga : Makan Sambil Menonton TV Bisa Sebabkan Kegemukan

Beragam Posisi Tidur Dan Pengaruhnya Pada Kesehatan