Dampak Buruk Konsumsi Alkohol Terhadap Kesehatan Gigi

Memiliki kebiasaan minum alkohol dapat meningkatkan berbagai penyakit kronis, terutama penyakit hati. Selain dapat merusak hati, penelitian menunjukan bahwa alkohol juga berdampak buruk pada kesehatan gigi. Inilah Dampak Buruk Konsumsi Alkohol Terhadap Kesehatan Gigi.

Dampak Buruk Konsumsi Alkohol Terhadap Kesehatan Gigi

Dampak Buruk Konsumsi Alkohol Terhadap Kesehatan Gigi | Semua orang tahu bahwa mengonsumsi alkohol bisa membahayakan kesehatan. Namun, mengonsumsi minuman beralkohol kini sudah dianggap sebagai salah satu bagian dari gaya hidup. Alkohol memang telah memiliki reputasi buruk bagi tubuh dan kesehatan manusia. Mengonsumsi alkohol juga berefek buruk bagi gigi.

CDC (Centers for Disease Control and Prevention) menyebut takaran aman konsumsi alkohol dalam sehari adalah satu gelas alkohol untuk wanita dan tak lebih dari dua gelas untuk pria. Jika lebih dari itu, Anda sudah menyalahi aturan dan bisa dianggap sebagai peminum berat. Jika minum terlalu banyak, gigi Anda akan rusak.

Suatu penelitian di Amerika Serikat bahkan menyebut penyalahgunaan alkohol sebagai faktor paling umum kedua yang meningkatkan risiko menderita kanker mulut.

Sementara itu, Jiyoung Ahn, ahli epidemiologi dan salah satu peneliti di Pusat Kesehatan NYU Langone Health, Amerika Serikat (AS), mengatakan bahwa minuman beralkohol bisa berdampak buruk terhadap keseimbangan mikroba yang baik di mulut.

Selain itu, kebiasaan minum alkohol dan merokok juga dapat menyebabkan perubahan bakteri yang berhubungan dengan kanker dan penyakit kronis. (Obat Herbal Keputihan)

Bagaimana pengaruh alkohol pada gigi?

Orang yang berlebihan dalam mengonsumsi minuman beralkohol cenderung memiliki tingkat plak gigi yang lebih tinggi di mulut mereka. Hal itu juga membuat mereka tiga kali lebih mungkin kehilangan setidaknya satu gigi. Keterangan ini juga disertakan dalam penelitian Jiyoung Ahn.

Bahkan jika Anda tidak minum secara berlebihan sekalipun, penelitian mengatakan Anda masih berisiko menderita kerusakan gigi berupa perubahan warna pada gigi.

Sebagian besar minuman mengandung kromogen yang memberi warna pada minuman. Kromogen ini menempel pada enamel gigi yang sudah melemah karena asam dalam alkohol. Akibatnya, gigi Anda mungkin ternoda. Untuk menghindarinya, hal ini bisa disiasati dengan penggunaan sedotan.

Selain itu, mencampur minuman keras dengan soda yang berwarna gelap adalah kebiasaan berbahaya lainnya. Alkohol mengandung banyak asam, dan soda memiliki gula. Kombinasi keduanya sangat mengancam kesehatan gigi.

Di sisi lain, alkohol juga bisa membuat gigi kering. Konsumsi minuman yang tinggi alkohol dapat menyebabkan gigi dan mulut secara keseluruhan menjadi kering karena kandungan di dalamnya. Selain itu, juga dapat mengganggu cara tubuh Anda menyerap air yang bisa berujung pada dehidrasi.

Ketika tubuh Anda mengalami dehidrasi, kadar air liur pun akan turun dan membuat gigi Anda rentan terhadap serangan asam. Air liur diperlukan untuk menjaga mulut tetap lembap, menghilangkan bakteri dan plak, serta mengurangi keasaman di mulut Anda.

Mulut kering tersebut juga bisa menyebabkan Anda terkena penyakit gusi. Jadi ketika terlanjur banyak minum alkohol, Anda juga harus minum air sebanyak mungkin.

Untuk mencegah masalah gigi dan mulut agar tak berkembang menjadi penyakit lainnya, jangan lupa menyikat gigi dua kali sehari dengan pasta gigi yang mengandung fluoride dan bersihkan dengan floss secara teratur. Menyikat gigi secara rajin dapat mengendalikan kadar plak pada gigi.

Selain menjaga kesehatan tubuh dengan berolahraga, Anda juga perlu menjaga kesehatan gigi. Kurangi konsumsi alkohol yang dapat menimbulkan berbagai masalah gigi dan lakukan pemeriksaan gigi ke dokter. Mintalah perawatan yang cocok dengan kondisi gigi Anda.

Baca Juga : Kebiasaan Diet Yang Salah Yang Mungkin Anda Lakukan

| Dampak Buruk Konsumsi Alkohol Terhadap Kesehatan Gigi |