Faktanya Pria Lebih Cepat Langsing Dibandingkan Wanita

Badan langsing adalah cita-cita orang dengan obesitas atau kegemukan yang melaksanakan program diet rendah kalori. Namum hasil penelitian menunjukan ternyata hasilnya berbeda antara pria dan wanita, Faktanya Pria Lebih Cepat Langsing Dibandingkan Wanita.

Faktanya Pria Lebih Cepat Langsing Dibandingkan Wanita

Faktanya Pria Lebih Cepat Langsing Dibandingkan Wanita | Memiliki berat badan yang ideal tidak hanya diidamkan para wanita. Tak jarang, pria juga ingin memiliki bentuk tubuh ideal. Jadi jangan heran, kalau pria juga sering melakukan diet dan olahraga. Bahkan dalam sebuah penelitian, pria ternyata benar-benar mampu menurunkan berat badan lebih cepat dibanding wanita.

Sebuah studi baru yang diterbitkan dalam British Journal of Nutrition melaporkan bahwa wanita sebenarnya wanita tidak memiliki masalah yang mengenai penurunan berat badan seperti yang diduga sebelumnya.

Jika penelitian ini adalah indikasi dari semua pria dan wanita, tampak bahwa laki-laki memiliki kepala mulai tapi tidak selalu memenangkan perlombaan.

Para peneliti Inggris meneliti pria dan wanita yang mengikuti salah satu dari empat rencana diet untuk menurunkan berat badan yaitu Slim-Fast, Weight Watchers, Atkins Diet atau Rosemary Conley dan Fitness plan.

Setelah dua bulan menjalankan diet, laki-laki telah kehilangan berat sekitar dua kali lebih banyak dan lemak tubuh yang berkurang 3 kali lipat dibandingkan wanita.

Beberapa minggu setelahnya, penurunan berat badan mulai melambat untuk kedua jenis kelamin tersebut.

Ternyata pada bulan keenam, pria dan wanita mengalami kecepatan penurunan berat badan yang hampir sama. Hal ini berarti pada awalnya memang pria mengalami penurunan berat badan yang lebih cepat, namun pada akhirnya wanita memiliki kemampuan penurunan berat badan yang hampor sama seperti pria dalam jangka waktu panjang.

Mengapa pria menjadi kurus lebih cepat pada awalnya?

Hal ini berhubungan dengan komposisi tubuh. Pria biasanya memiliki lebih banyak massa otot, sedangkan wanita memiliki lebih banyak lemak.

Hal ini bukan berarti bahwa wanita kurang sehat dan bukan berarti proses metabolisme mereka lebih lambat. Jaringan otot membakar lebih banyak kalori perjamnya dibandingakan dengan jaringan lemak, bahkan pada waktu sedang istirahat.

Hal inilah yang menyebabkan mengapa pria membutuhkan asupan kalori yang lebih banyak dibandingkan wanita, meski memiliki berat badan yang mungkin sama dengan wanita.

Selain itu dalam penelitian ini ditemukan bahwa wanita dapat mempercepat hasil penurunan berat badan mereka dengan latihan kekuatan biasa. Dengan mengangkat beban, mengikuti kelas pilates atau melakukan squats dan push-up di rumah, wanita dapat meningkatkan metabolisme mereka hingga 15 persen. (Obat Jantung Koroner Herbal)

Lokasi lemak

Alasan lain mengenai masalah penurunan berat badan adalah perbedaan lokasi lemak, kebanyakan pada pria, lemak mereka cenderung berkumpul di daerah perut, sementara wanita menumpuk lemak di sekitar pinggul dan paha.

Lemak daerah perut membakar lebih mudah daripada lemak di bagian bawah tubuh, sehingga pria terlihat lebih kurus dengan cepat setelah memulai diet. Wanita yang memiliki lebih banyak lemak di sekitar bagian tengah tubuh akan mengalami efek yang sama.

Jadi untuk para wanita jangan merasa iri pada pria dan merasa ada yang tidak adil. Karena untuk membantu proses pembakaran lemak demi bentuk tubuh ideal bukan hanya ditentukan oleh jenis kelamin. Sehingga bila Anda ingin menurunkan berat badan tentu Anda harus mengurangi porsi makanan Anda, menghindari junk food dan berolahraga hampir setiap hari dalam seminggu. Maka secara perlahan namun pasti Anda akan mengalami penurunan berat badan dan mendapatkan tubuh yang lebih sehat.

Baca Juga : Berendam Air Dingin Ternyata Bisa Bantu Menurunkan Berat Badan

| Faktanya Pria Lebih Cepat Langsing Dibandingkan Wanita |