Hal-Hal Yang Sebaiknya Dilakukan Setelah Olahraga

Sebagian besar orang berolahraga unuk mendapatkan manfaatnya. Agar manfaat yang didapat maksimal, terdapat Hal-Hal Yang Sebaiknya Dilakukan Setelah Olahraga. Apa saja? simak dibawah ini.

Hal-Hal Yang Sebaiknya Dilakukan Setelah Olahraga

Hal-Hal Yang Sebaiknya Dilakukan Setelah Olahraga | Setelah berolahraga, apa yang harus dilakukan? Mungkin anda pernah merasa bingung apa yang seharusnya dilakukan setelah olahraga. Banyak orang yang langsung menyegarkan diri, mandi, atau langsung melakukan kegiatan lainnya setelah berolahraga. Padahal itu bukanlah hal-hal yang tepat untuk dilakukan setelah olahraga.

Seperti yang dilansir oleh thehealthsite.com, apa yang kita lakukan dalam kurun waktu beberapa menit setelah berolahraga itu sangat memperngaruhi tingkat stres, kekuatan tubuh ketahanan tubuh, dan kondisi pikiran kita disisa hari tersebut. Supaya bisa mendapatkan hasil maksimal dari olahraga anda, anda sebaiknya melakukan beberap hal setelah berolahraga berikut ini :

  • Melakukan Pendinginan

Setelah melakukan olahraga, jangan lupa untuk melakukan pendinginan. Tujuan dari pendinginan ini adalah untuk melemaskan otot sekaligus menurunkan detak jantung dan mengurangi peradangan. Selain itu, pendinginan ini juga bisa membantu Anda untuk menghindari rasa kelelahan atau capai yang berlebihan setelah melakukan olahraga.

  • Merilekskan Diri

Setelah melakukan pendinginan, rilekskan tubuh Anda sebelum melakukan aktivitas lainnya. Duduklah, tenangkan diri, dan rilekskan tubuh Anda selama 15-20 menit sebelum melakukan aktivitas yang berikutnya. Langsung melakukan kegiatan atau aktivitas lainnya setelah berolahraga bisa membuat suasana hati Anda memburuk dan membuat Anda makin merasa kelelahan. Jadi rilekskan tubuh Anda selama beberapa menit sebelum melakukan aktivitas lainnya.

  • Minum Air Putih yang Cukup

Olahraga telah mengurangi cairan tubuh dan garam-garam penting yang harus segera diisi kembali setelah olahraga. Memang penting untuk minum air putih selama beberapa kali sekali saat berolahraga, tapi jangan lupa untuk tetap berada dalam kondisi terhidrasi dengan cukup setelah olahraga.

  • Konsumsi Makanan Sehat

Saat olahraga, tubuh kita akan menggunakan energi yang tersedia, menggunakan cadangan karbohidrat, dan membuat otot tubuh bekerja keras. Tanpa mengisi ulang tubuh dengan makanan yang tepat (protein dan karbohidrat), tubuh kita bisa rusak. Sebagian besar ahli diet merekomendasikan untuk mengonsumsi makanan sehat dalam kurun waktu 90 menit setelah olahraga.

  • Melakukan Pijatan

Pijat bisa membuat dan memperbaiki sirkulasi lebih baik sehingga jadi lebih santai. Pijat yang baik secara teratur adalah hal yang penting, meski kebanyakan dilakukan sebulan sekali.

  • Hindari overtraining

Salah satu cara sederhana agar pemulihan lebih cepat adalah merancang olahraga yang cerdas dan rutin, karena olahraga berlebihan membuat seseorang tidak mendapatkan manfaat dan kadang terasa lebih menyiksa.

Nah itulah Hal-Hal Yang Sebaiknya Dilakukan Setelah Olahraga. Lakukan hal-hal diatas untuk mengambil manfaat besar dari olahraga. Sekian dan semoga bermanfaat.

Baca Juga : Penyebab Sakit Kepala Bertambah Parah | Efek Samping Yang Mungkin Terjadi Dari Akupuntur 

| Hal-Hal Yang Sebaiknya Dilakukan Setelah Olahraga