Hal Yang Harus Dilakukan Untuk Mencegah Stroke Dan Jantung

Pakar kesehatan menyebutkan, 80% serangan jantung dan stroke dapat dicegah dengan beberapa cara yang harus anda lakukan. Apa saja? Inilah Hal Yang Harus Dilakukan Untuk Mencegah Stroke Dan Jantung

hal yang harus dilakukan untuk mencegah stroke dan jantung

Hal Yang Harus Dilakukan Untuk Mencegah Stroke Dan Jantung | Seiring bertambahnya usia, banyak hal berubah dalam kehidupan kita, dan beragam penyakit pun mulai muncul, seperti penyakit jantung dan stroke.

Seperti kita ketahui, jantung adalah salah satu organ vital terpenting dari tubuh makhluk hidup. Tanpa fungsi yang tepat, seseorang dapat mengalami masalah kesehatan serius dan bahkan kematian. Bahkan, jika jantung berhenti memompa darah selama beberapa detik, seseorang bisa meninggal.

Sekarang, penyakit jantung juga bisa dialami oleh orang muda. Namun, lebih sering terjadi pada orang berusia diatas 45 tahun. Beberapa jenis penyakit jantung yang umum adalah ritem jantung abnormal, angina, dinding jantung melemah, lubang di jantung, gagal jantung dan lain-lain.

Masalah jantung bisa disebabkan karena cacar internal, atau karena masalah gaya hidup seperti kebiasaan makan yang tidak sehat, kurang olahraga, stres. Bila seseorang mengikuti gaya hidup yang tidak sehat, dia bisa menderita kolestrol tinggi, hipertensi, dan lainnya yang menyebabkan masalah jantung.

Stroke adalah kondisi serius ketika suplai darah ke otak berhenti, karena adanya penggumpalan darah di otak, menyebabkan sejumlah gejala berbahaya dan bahkan kematian. Beberapa gejala umum stroke adalah lumpuh total atau parsial, kehilangan korrdinasi otot, sulit berbicara, bingung, gangguan keseimbangan, otot mati rasa, kematian otak.

Jadi, jika anda ingin mncegah penyakit jantung dan stroke ada baiknya melakukan hal-hal dibawah ini :

  • Menjaga pola makan dengan sehat

Pakar kesehatan menyebutkan bahwa pola makan yang sehat bisa menurunkan resiko terkena serangan jantung dan stroke dengan signifikan. Ada baiknya kita memperbanyak asupan buah, sayuran, biji-bijian, daging ikan, kacang-kacangan, serta daging tanpa lemak. Selain itu, mulailah kurang asupan garam, gula dan lemak. Konsumsi alkohol juga sebaiknya tidak dilakukan demi menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah.

  • Berolahraga dengan teratur

Melakukan olahraga setidaknya 30 menit setiap harinya mampu membuat organ kardiovaskular seperti jantung dan pembuluh darah tetap sehat sehingga tidak mudah terkena penyakit berbahaya seperti stroke dan serangan jantung.

  • Tidak menggunakan produk tembakau

Hindarilah produk tembakau seperti rokok, cerutu, hingga tembakau yang dikunyah karena bisa berbahaya bagi kesehatan jantung dan pembuluh darah. Pastikan pula untuk tidak menjadi perokok pasif.

  • Rutin mengecek tekanan darah

Banyak orang yang tidak menyadari kondisi tekanan darahnya karena memang seringkali perubahan tekanan darah tidak banyak menimbulkan gejala. Padahal, jika tekanan darah ternyata sangat tinggi, maka resiko untuk terkena serangan jantung atau stroke juga meningkat.

  • Memeriksa kadar lipid darah

Kolesterol dan lipid yang berada dalam kondisi tidak normal bisa meningkatkan resiko terkena serangan jantung dan stroke.

  • Memeriksa kadar gula darah secara rutin

Kadar gula darah yang tinggi dan para penderita diabetes cenderung memiliki resiko besar untuk terkena serangan jantung dan stroke. Dengan mengetahui kadar gula darah, kita bisa menjaganya tetap normal agar tidak mudah terkena serangan kedua penyakit berbahaya tersebut.

Itulah cara-cara untuk mencegah penyakit jantung dan stroke. Lakukan hal-hal diatas untuk meminimalisir serang jantung dan stroke. Sekian dan semoga bermanfaat.

Baca Juga : Pria Bertubuh Tinggi Lebih Berisiko Kanker Prostat | Cuci Rambut Di Salon Dapat Menyebabkan Stroke

Hal Yang Harus Dilakukan Untuk Mencegah Stroke Dan Jantung