Kebiasaan Yang Dapat Merusak Kualitas Tidur Anda

Sudah mencoba segala cara dan masih saja sulit tidur? Jangan-jangan kebiasaan sore dan malam hari Anda yang jadi penyebabnya. Coba simak Kebiasaan Yang Dapat Merusak Kualitas Tidur Anda dibawah ini, yang mungkin sering anda lakukan.

Kebiasaan Yang Dapat Merusak Kualitas Tidur Anda

Kebiasaan Yang Dapat Merusak Kualitas Tidur Anda |  Kualitas tidur yang baik dapat meningkatkan produktivitas, kebahagiaan hingga kejernihan pikiran anda. Sebaliknya, penelitian membuktikan bahwa kurang tidur dapat menyebabkan anda bekerja tidak efektif. Salah satu penyebabnya, korteks prefrontal pada otak yang berfungsi untuk mencari penyelesaian masalah akan terganggu ketika kurang tidur.

Sayangnya, beberapa kebiasaan buruk yang kerap dilakukan banyak orang justru dapat mengurangi kualitas tidur. Lantas apa saja kebiasaan yang merusak kualitas tidur, berikut diantaranya :

  • Nonton TV

Anda punya serial TV favorit yang waktu tayangnya berbenturan dengan perjalanan pulang kantor. Supaya tidak ketinggalan, Anda minta keluarga untuk merekamnya supaya Anda bisa menonton sebelum tidur.

Hasilnya, waktu tidur tertunda dan alih-alih mengantuk, Anda malah merasa segar karena terbawa jalinan cerita.

Menonton TV atau menatap layar komputer dan ponsel, sebaiknya tidak dilakukan sebelum tidur. Cahaya yang berasal dari benda-benda itu dapat menganggu jam biologis Anda.

Matikan TV, komputer dan jangan lagi bermain ponsel setidaknya 20 menit sebelum tidur.

  • Olahraga terlalu malam

Ngegym sesudah pulang kantor, tidak akan menganggu waktu tidur. Bahkan, olahraga rutin dapat membantu Anda tidur lebih nyenyak.

Yang jadi masalah adalah jika Anda olahraga beberapa jam mendekati waktu tidur. Pasalnya, olahraga akan membuat Anda semakin berenergi. Walhasil, mata Anda jadi lebih sulit terpejam.

  • Banyak pikiran

Apakah Anda terbiasa mengkhawatirkan pekerjaan kantor di waktu malam? Atau berpikir tentang masalah yang pelik sambil mencoba tidur? Percayalah, khawatir dan stres bukan hal yang cocok dilakukan malam hari.

Cobalah untuk melakukan peregangan ringan dan meditasi sebelum tidur untuk mengurangi rasa cemas. Keduanya akan membantu Anda untuk rileks sehingga lebih mudah untuk terlelap.

  • Makan berat

Akibat makan malam terlalu dini, belum lama terlelap, perut Anda berbunyi karena kelaparan. Tak mengapa melerai lapar dengan kudapan ringan secukupnya, atau makan buah. Tapi, jangan makan berlebihan.

Sama seperti rasa lapar, terlalu kenyang juga akan membuat perut tidak nyaman dan bisa menganggu kualitas tidur Anda.

  • Minum alkohol

Memang, alkohol bisa membuat Anda mengantuk. Tapi, tidak berarti Anda bisa tidur nyenyak karenanya.

Jika Anda ingin terbangun dengan perasaan segar esok pagi, ganti kebiasaan minum alkohol dengan minum teh herbal hangat setengah jam sebelum waktu tidur.

Teh herbal hangat dapat membantu merilekskan saraf, membuat tidur Anda menjadi lebih berkualitas.

Itulah sederet Kebiasaan Yang Dapat Merusak Kualitas Tidur Anda. KJika anda sering melakukan kebiasaan-kebiasaan seperti diatas, mulai sekarang hindari agar kualitas tidur anda tidak terganggu. Sekian dan semoga bermanfaat..

Baca Juga : Alasan Wanita Butuh Tidur Lebih Lama Dibandingkan Pria | Makan Salmon Saat Hamil Turunkan Risiko Anak Kena Asma

Kebiasaan Yang Dapat Merusak Kualitas Tidur Anda