Kebiasaan Yang Dapat Turunkan Kualitas Pendengaran

Masih muda, tapi sudah punya masalah pendengaran?? Bisa jadi Kebiasaan Yang Dapat Turunkan Kualitas Pendengaran seperti dibawah ini yang jadi penyebabnya. Untuk itu simak selengkapnya dibawah ini.

Kebiasaan Yang Dapat Turunkan Kualitas Pendengaran

Kebiasaan Yang Dapat Turunkan Kualitas Pendengaran | Kesehatan telinga sebagai alat pendengaran kerap tidak diperhatikan oleh banyak orang. Padahal kesehatan organ pendengaran ini mudah mengalami masalah dan dapat berakibat serius. Beberapa masalah telinga bisa disebabkan oleh beberpa faktor kebiasaan, berikut beberapa kebiasaan yang tanpa disadari dapat merusak telinga :

  • Kebiasaan mengorek telinga

Mengorek telinga terlalu dalam dapat melukai gendang telinga dan berujung pada kerusakan pendengaran. Selain itu gendang telinga yang luka juga rentan terhadap infeksi dan cedera pendengaran lainnya. Untuk itu ada baiknya jika Anda berhati-hati dan lakukan secara benar saat membersihkan telinga.

  • Bekerja di lingkungan yang bising

Polusi suara dari lingkungan juga dapat merusak pendengaran. Oleh karena itu, bagi Anda yang bekerja di lingkungan yang bising sebaik lebih berhati-hati. Dan sangat dianjurkan untuk menggunakan peredam intensitas suara saat bekerja.

  • Berenang tanpa ear plug

Air yang kemungkinan masuk ke telinga saat berenang juga berpotensi merusak pendengaran. Karena, jika air terlalu dibiarkan berlama-lama di dalam, telinga akan menjadi tempat favorit jamur dan bakteri jahat untuk tumbuh. Jadi saat air masuk ke dalam telinga, segera keluarkan dengan cara menggerakan kepala dari satu sisi ke sisi lain.

  • Penggunaan headphone dan earphone

Semakin besar volume dan lamanya waktu menggunakan headphone atau earphone, membuat Anda berisiko mengalami gangguan pendengaran, baik bersifat sementara atau permanen. Sebagai solusinya, cukup setel volume suara yang tidak keras, sekitar 60 persen dari keseluruhan total volume, dan batasilah waktu penggunaanya.

Nah, itulah Kebiasaan Yang Dapat Turunkan Kualitas Pendengaran. Jadi mulai sekarang, sebisa mungkin hindari kebiasaan seperti diatas jika tidak ingin pendengaran anda rusak. Semoga bermanfaat.

Baca Juga : Pengobatan Tradisional Infeksi Telinga | Jenis Olahraga Yang Aman Dilakukan Malam Hari

Kebiasaan Yang Dapat Turunkan Kualitas Pendengaran