Kenali Kondisi Tubuh Anda Ketika Kekurangan Vitamin B

Kekurangan vitamin B dapat menyebabkan masalah kesehatan bagi tubuh, karena vitamin B merupakan kunci utama dalam menjaga kesehatan sel dan membuat anda tetap berenergi. Mari Kenali Kondisi Tubuh Anda Ketika Kekurangan Vitamin B dengan menyimak informasi dibawah ini.

Kenali Kondisi Tubuh Anda Ketika Kekurangan Vitamin B

Kenali Kondisi Tubuh Anda Ketika Kekurangan Vitamin B | Seperti yang kita ketahui bahwa tubuh membutuhkan asupan nutrisi untuk bisa berfungsi dengan baik. Asupan mineral dan vitamin sangat dibutuhkan oleh tubuh. Semua nutrisi tersbut bisa diperoleh dari asupan makanan yang bernutrisi. Itulah mengapa pentingnya asupan makanan yang sehat dan bergizi dalam keseharian guna menjaga kesehatan tubuh.

Jangan menyepelekan pentingnya asupan makanan yang sehat dan bergizi untuk tubuh jika tidak ingin mengalami kondisi yang buruk dalam hal kesehatan. Seperti halnya jenis vitamin yang lainnya, vitamin B teramat sangat penting untuk kesehatan tubuh. Dalam hal ini vitamin B berperan penting dalam mengubah setiap jenis makanan menjadi energy dan menjaga kesehatan otak serta fungsi organ tubuh yang lainnya.

Ciri-Ciri Tubuh Kekurangan Vitamin B :

  • Gangguan Penglihatan

Salah satu kondisi tubuh kekurangan vitamin B yaitu mengalami gangguan penglihatan dan kondisi ini merupakan kejadian yang paling ekstrem. Kekurangan vitamin B12 menyebabkan saraf optic rusak dan juga pembuluh darah pada retina tidak bisa berjalan dengan normal. Kondisi ini tentunya menyebabkan kondisi penglihatan menjadi kabur, mata lebih peka terhadap cahaya dan juga penglihatan terkadang menjadi ganda.

  • Tubuh Mudah Lelah

Defisiensi vitamin B12 menyebabkan tubuh lebih sering merasa lelah. Hal ini disebabkan karena sel darah merah yang membawa oksigen dan nutrisi lainnya tidak berfungsi dengan baik. Kekurangan vitamin B12 memang sangat fatal akibatnya. Hal ini sebaiknya jangan diabaikan.

  • Rasa Terbakar Pada Lidah

Untuk selanjutnya yaitu menyebabkan kehilangan papilla sehingga terjadi rasa seperti terbakar pada lidah. Rasa nyeri dan terbakar pada lidah acap kali dirasakan oleh penderita kekurangan vitamin B12. Ketika mengkonsumsi makanan biasanya akan terasa hambar dan tidak ada rasanya. Hal ini tentunya akan sangat mengganggu.

  • Kulit Terlihat Lebih Pucat

Pigmen kulit akan terganggu ketika asupan vitamin B tidak mencukupi untuk tubuh. Hal ini tentunya akan membuat kulit terlihat lebih pucat dan bisa dikatakan tidak sehat. Terkadang kulit juga menjadi lebih kering dan pecah-pecah akibat tidak adanya nutrisi yang memadai yang disuplai untuk kulit. Lama kelamaan kondisi ini akan sangat berbahaya bagi kesehatan kulit dan sebaiknya diwaspadai.

Untuk menghindari berbagai masalah pada kulit yang bisa berakibat fatal sebaiknya perhatikan supan nutrisi untuk tubuh. Konsumsi makanan sehat dan kaya akan kandungan nutrisi. Jenis makanan seperti sayuran dan buah-buahan sangat penting untuk dikonsumsi dalam menu harian. Selain itu juga perhatikan asupan cairan yang dibutuhkan oleh tubuh. Konsumsi air putih yang cukup agar tubuh tidak kehilangan cairan.

Baca Juga : Hal-Hal Yang Sebaiknya Dilakukan Setelah Olahraga | Mitos Seputar Kebersihan Yang Salah Besar Dan Harus Diabaikan

Itulah tanda-tanda ketika tubuh kekurangan vitamin B. Agar berbagai gejala dan penyakit akibat kekurangan vitamin B bisa dihindari, konsumsi vitamin B dari protein seperti ikan, unggas, daging, telur, produk olahan susu, sayuran berdaun hijau dan kacang-kacangan.

Kenali Kondisi Tubuh Anda Ketika Kekurangan Vitamin B