Ketahui Manfaat Luar Biasa Minum Susu Bagi Orang Dewasa

Minum susu hanya untuk anak kecil?? Salah besar! Susu bukan hanya untuk anak kecil, orang dewasa juga masih perlu rutin minum susu. Ketahui Manfaat Luar Biasa Minum Susu Bagi Orang Dewasa.

Ketahui Manfaat Luar Biasa Minum Susu Bagi Orang Dewasa

Ketahui Manfaat Luar Biasa Minum Susu Bagi Orang Dewasa | Memasuki usia remaja dan dewasa, banyak orang yang memutuskan untuk berhenti mengonsumsi susu. Sebab banyak orang menganggap kebiasaan minum susu identik dengan anak kecil dan bayi. Padahal orang dewasa juga butuh asupan susu.

Rutin minum susu memang seringnya dianjurkan pada anak-anak saja. Pasalnya dalam masa pertumbuhan anak membutuhkan asupan nutrisi yang terbaik. Namun mengonsumsi setidaknya satu gelas susu sehari ternyata juga dibutuhkan oleh orang dewasa. Nyatanya minum susu bisa memberi manfaat sehat bagi tubuh, terutama terkait dengan kesehatan tulang. Apa saja manfaat minum susu bagi orang dewasa? berikut diantaranya :

  • Menjaga kesehatan tulang

Manfaat yang satu ini tidak perlu dipertanyakan lagi. Susu merupakan sumber kalsium dan vitamin D yang baik untuk kesehatan tulang. Setiap orang dewasa memerlukan kurang lebih 1000 mg kalsium per harinya. Salah satu cara untuk memenuhi kebutuhan tersebut adalah minum susu dan mengonsumsi produk olahan susu lainnya, seperti keju dan yoghurt.

  • Menyehatkan otak

Sebuah penelitian di Universitas Kansas, Amerika Serikat, menunjukkan bahwa mereka yang rutin mengonsumsi susu memiliki kadar glutation yang lebih tinggi dalam tubuhnya dibandingkan yang tidak minum susu. Glutation merupakan antioksidan yang baik untuk otak. Adanya antioksidan tersebut dapat menghindari sel otak dari kerusakan akibat radikal bebas yang didapat dari makanan atau polusi.

  • Mencegah tekanan darah tinggi

Susu mengandung potasium (kalium) yang tinggi dan baik untuk menjaga kesehatan pembuluh darah. Hal tersebut akan mencegah terjadinya peningkatan tekanan darah saat usia bertambah dan secara umum dapat menjaga kesehatan jantung.

  • Membangun otot dan mencegah depresi

Bagi mereka yang ingin memiliki postur tubuh yang baik dengan otot yang kuat, susu dapat menjadi asupan pilihan untuk mendampingi olahraga rutin. Susu mengandung protein yang baik untuk pembentukan otot. Dan untuk manfaat yang satu ini mungkin belum banyak yang mengetahui bahwa kandungan vitamin D pada susu dapat memicu terbentuknya serotonin dalam tubuh. Serotonin merupakan senyawa yang berperan dalam pengaturan ritme tidur, mood, bahkan nafsu makan. Kadar serotonin yang cukup tinggi dalam tubuh akan mencegah seseorang mengalami depresi. (Obat Sakit Kepala Menahun)

  • Anti Penuaan Dini

Salah satu manfaat dari rutin mengonsumsi susu adalah mencegah terjadinya penuaan dini pada kulit. Karena rutin mengonsumsi susu ternyata dapat melindungi tubuh dari serangan radikal bebas, salah satu penyebab pennuaan dini pada orang dewasa.

Selain penuaan dini, serangan radikal bebas yang berlebihan juga bisa mengganggu produksi hormon dan pada akhirnya bisa menurunkan daya ingat dan penglihatan.

  • Menghindari Dehidrasi

Dehidrasi terjadi saat cairan tubuh yang keluar jauh lebih banyak daripada cairan yang masuk. Hal ini kemudian menyebabkan orang tersebut mengalami kekurangan cairan. Seringnya, orang yang mengalami dehidrasi dianjurkan untuk mengonsumsi air untuk mengganti cairan yang hilang.

Nah, ternyata susu juga bisa menjadi pilihan untuk mengganti cairan tubuh, lho. Rutin mengonsumsi susu yang tinggi nutrisi dan juga air disebut dapat membantu menghidrasi tubuh dengan maksimal.

  • Mencegah Obesitas

Salah satu alasan seseorang meninggalkan susu adalah takut gemuk. Pasalnya, susu memang dikenal memiliki kandungan lemak. Tak jarang, sejumlah metode diet juga menganjurkan pengikutnya untuk menghindari konsumsi asupan yang satu ini.

Namun ternyata, jika dikonsumsi dengan benar susu malah bisa mencegah seseorang mengalami obesitas. Malahan, deretan kandungan nutrisi yang ada di dalam susu bisa memberi manfaat luar biasa bagi tubuh. Seperti kandungan vitamin, lemak, hingga protein.

Baca Juga : Meski Menyenangkan, Kunyah Permen Karet Bisa Bikin Sakit Kepala

| Ketahui Manfaat Luar Biasa Minum Susu Bagi Orang Dewasa |