Makanan Yang Justru Bikin Lapar Setelah Mengonsumsinya

Makan adalah kebutuhan paling primitif bagi semua makhluk hidup termasuk manusia. Tujuan seseorang makan adalah untuk menghasilkan energi agar dapat melakukan aktivitas dengan baik. Tapi anda harus hati-hati, sebab ada beberapa Makanan Yang Justru Bikin Lapar Setelah Mengonsumsinya

Makanan Yang Justru Bikin Lapar Setelah Mengonsumsinya

Makanan Yang Justru Bikin Lapar Setelah Mengonsumsinya | Ketika lapar, insting manusia adalah makan agar lapar hilang dan tergantikan dengan perut yang kenyang. Tapi ada beberapa jenis makanan yang justru membuat perut bertambah lapar. Efek mengenyangkan dari makanan ini hanya sebentar dan perut justru akan semakin lapar begitu efeknya hilang.

Hal itu karena makanan-makanan ini tidak memiliki kandungan serat, lemak dan protein yang cukup. Sehingga makanan lebih cepat diproses tubuh, energi lebih cepat dilepas dan rasa lapar pun kembali mendera.

Lemak, serat, dan protein membantu mengenyangkan. Jadi makanan tanpa komponen-komponen itu akan membuat Anda ingin segera makan lagi,” jelas Alex Caspero, R.D.

Makanan Yang Malah Bikin Lapar

  • Roti tawar putih

Roti tawar putih adalah salah satu makanan favorit saat sarapan. Namun jangan heran jika setelah mengkonsumsinya Anda justru merasa lapar –dan ingin makan lagi. Hal tersebut terjadi karena roti tawar putih tidak mengandung serat atau nutrisi yang dapat membuat Anda kenyang.

Roti tawar putih mengandung karbohidrat olahan yang cepat dicerna menjadi gula oleh tubuh, sehingga menyebabkan tubuh melepaskan insulin dan membuat Anda cepat merasa lapar. Oleh karena itu, Anda lebih disarankan untuk mengkonsumsi roti gandum yang mengandung serat saat sarapan -untuk membuat Anda merasa kenyang lebih lama.

  • Sereal

Sama halnya dengan roti tawar putih, konsumsi sereal saat sarapan juga dapat membuat Anda merasa cepat lapar. Hal tersebut terjadi karena sereal mengandung banyak gula yang akan cepat dicerna oleh tubuh –sehingga membuat Anda cepat lapar.

  • Jus buah

Jus buah sering kali disajikan dengan tambahan gula, air, dan disaring. Hal tersebut justru dapat mengurangi kandungan serat dalam buah yang dapat membuat Anda merasa kenyang lebih lama. Konsumsi satu gelas jus buah ternyata dapat meningkatkan kadar gula dalam darah, kemudian menurunkannya secara cepat, sehingga menimbulkan perasaan lapar.

Oleh karena itu, Anda lebih dianjurkan untuk membuat smoothies (tidak disaring), tidak menggunakan gula, dan menambahkan bubuk protein untuk menyeimbangkan gula darah dan meningkatkan rasa kenyang.

  • Camilan asin

Pernahkan Anda menginginkan makanan manis setelah makan camilan asin seperti keripik atau kentang goreng? Jika iya, hal tersebut ternyata adalah hal wajar karena pengecap rasa dan otak mengaitkan energi dengan makanan yang manis, bahkan setelah Anda cukup banyak makan cemilan asin. Adanya fenomena sensor rasa kenyang juga akan membuat tubuh beranggapan bahwa hanya “lambung asin” yang sudah terisi penuh, namun “lambung manis” belum terisi saat Anda makan cemilan asin.

  • Makanan cepat saji

Kandungan lemak trans yang terkandung dalam makanan cepat saji dapat menyebabkan radang usus dan merusak kemampuan tubuh untu memproduksi neurotransmitter yang berperan dalam mengendalikan nafsu makan. Selain itu, banyaknya kandungan garam dalam makanan cepat saji juga dapat menyebabkan dehidrasi, sehingga membuat Anda ingin makan dan minum berulang-ulang.

Untuk mencegah nafsu makan berlebih, maka Anda dianjurkan untuk memilih makanan yang sehat, terutama yang mengandung lemak tak jenuh, protein, dan karbohidrat kompleks. Makanan ini dicerna lebih lambat di dalam tubuh sehingga membantu Anda merasa kenyang lebih lama.

Itulah Makanan Yang Justru Bikin Lapar Setelah Mengonsumsinya. Beberapa makanan diatas tak hanya tidak menyehatkan namun juga tak bisa memuaskan rasa lapar anda. Mengonsumsi makanan diatas akan membuat anda tetap lapar dan mengonsumsi lebih banyak makanan, sehingga memicu kelebihan berat badan dan obesitas. Sekian dan semoga bermanfaat.

Baca Juga : Makanan Yang Mampu Melindungi Kulit Dari Kerusakan Sinar Matahari

| Makanan Yang Justru Bikin Lapar Setelah Mengonsumsinya |