Manfaat Dibalik Rumitnya Bermain Teka Teki Silang

Kebanyakan orang malas atau tak mau bermain teka teki silang, entah karena sulit atau karena tidak minat. Namun jangan salah ternyata terdapat beberapa Manfaat Dibalik Rumitnya Bermain Teka Teki Silang. Apa saja? simak dibawah ini.

Manfaat Dibalik Rumitnya Bermain Teka Teki Silang

Manfaat Dibalik Rumitnya Bermain Teka Teki Silang | Teka Teki Silang (TTS) merupakan permainan kata yang menarik sekaligus dapat mengasah pengetahuan. Ternyata di balik itu, peneliti menemukan ada banyak manfaat di balik permainan TTS yang terlihat sederhana.

Dari beberapa penelitian, para peneliti menemukan satu kesamaan bahwa TTS dapat memberi efek positif pada otak jika dimainkan secara rutin. Rutin di sini tidak berarti harus dilakukan setiap hari, karena satu minggu sekali pun cukup bagi seseorang untuk merasakan efek positif dari TTS.

Salah satu peneliti, Ann Lukits, mengatakan kegiatan mengisi TTS dapat meningkatkan kemampuan verbal sekaligus mengurangi risiko demensia. Pasalnya, Lukits menilai cara seseorang memecahkan teka-teki dalam TTS dapat meningkatkan daya ingat sekaligus fungsi otak, khususya pada orang dewasa.

(TTS) Juga meningkatkan fungsi mental pasien dengan kerusakan otak atau demensia dini,” jelas Lukits.

Dari berbagai penelitian yang ada mengenai TTS, sebagian besar menunjukkan adanya pengaruh positif TTS bagi kesehatan mental seseorang. Berikut ini ialah enam manfaat baik TTS bagi kesehatan mental.

  • Hindarkan alzheimer

Salah satu alasan mengapa TTS perlu dimainkan karena permainan ini dipercaya dapat mengurangi risiko alzheimer. Berdasarkan Alzheimer’s Association, mengisi TTS setiap hari merupakan cara yang signifikan untuk menjaga otak tetap aktif dan jeli, khususnya bagi orang tua.

  • Dapat memperkuat hubungan

TTS yang dikerjakan secara bersama-sama ternyata dapat meningkatkan hubungan di antara orang-orang yang terlibat dalam pengisian TTS tersebut. Penyelesaian TTS ini bisa dilakukan secara berkelompok oleh pasangan, kakak-beradik, hingga sekumpulan teman. Lukits mengatakan pengerjaan TTS secara berkelompok dapat meningkatkan kecepatan berpikir dan berbicara serta ikatan sosial di antara grup yang mengerjakan TTS.

  • Mendapat kosa kata baru

TTS juga bermanfaat dalam membuka wawasan karena permainan ini dapat memperkaya kosakata dari para pemainnya. Pasalnya, melalui TTS, seseorang akan secara langsung mempelajari kata-kata baru yang mungkin sebelumnya tidak ia ketahui maknanya.

  • Relaksasi

Ketika mengerjakan TTS, seseorang biasanya akan sangat berfokus pada teka-teki kata yang mereka kerjakan. Konsentrasi penuh pada TTS tentu akan membuat seseorang melupakan permasalahan yang ia miliki sejenak. Dengan begitu, orang tersebut akan memiliki waktu untuk terlepas dari beban pikiran sementara dan relaksasi sejenak sebelum kembali pada rutinitas yang penuh padat.

  • Membantu selesaikan masalah hidup

Pada umumnya, TTS cukup sulit untuk dikerjakan kecuali pada permainan dengan level yang mudah. Oleh karena itu, mengisi TTS akan mendorong seseorang untuk berpikir lebih dalam dan memaksa otak untuk bekerja lebih keras. Proses ‘memeras’ otak selama permainan TTS ini dapat melatih otak untuk tetap berpikir jernih saat seseorang menghadapi masalah sehari-hari.

  • Memberi kesenangan di saat bosan

Kesepian, depresi, gelisah dan bosan dapat dengan mudah disingkirkan oleh TTS. Hal ini dikarenakan permainan TTS dapat membantu seseorang untuk merasa santai, tetapi tetap fokus dan merasa senang. Seseorang yang tidak begitu suka menyelesaikan teka-teki pun akan dengan mudah ‘larut’ dalam TTS setelah ia mencobanya, dikutip dari Life Hack.

Nah itulah sederat Manfaat Dibalik Rumitnya Bermain Teka Teki Silang. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba bermain TTS yaa..

Baca Juga : Ternyata Sariawan Bukan Karena Kekurangan Vitamin C Ternyata Coklat Ampuh Untuk Meningkatkan Kinerja Otak

| Manfaat Dibalik Rumitnya Bermain Teka Teki Silang |