Manfaat Menulis Dengan Tangan Untuk Kesehatan Otak

Di era modern seperti sekarang, kebanyakan orang lebih memilih untuk mengetik dengan keyboard ketimbang dengan tangan. Sebab, hal itu dinilai lebih cepat dan tidak membutuhkan banyak energi. Padahal, tahukah anda ternyata terdapat Manfaat Menulis Dengan Tangan Untuk Kesehatan Otak. Simak selengkapnya dibawah ini.

Manfaat Menulis Dengan Tangan Untuk Kesehatan Otak

Manfaat Menulis Dengan Tangan Untuk Kesehatan Otak | Menulis dengan tangan bisa saja dianggap sudah ketinggalan zaman dengan adanya kemajuan teknologi seperti laptop, tablet PC, dan aplikasi menulis. Tapi, menulis dengan tangan justru diyakini dapat membuat Anda lebih fokus di kelas dan meningkatkan kemampuan belajar.

Namun, hal ini tidak ditunjukkan saat membuat catatan dengan mengetik di laptop. Pelajar yang menulis di catatan menangkap pelajaran lebih baik daripada mereka yang mengetik,” ucap psikolog edukasi Kenneth Kiewra yang melakukan studi tentang perbedaan antara siswa yang menulis dengan catatan dan mengetik di komputer di Universitas Nebraska.

Sementara, hasil penelitian dari Universitas Princeton dan University California menunjukkan pelajar yang menulis menggunakan tangan pada umumnya memberikan performa yang lebih baik di sekolah daripada yang menulis di komputer.

Lebih lanjut, studi ini mengatakan, dibandingkan dengan mereka yang mengetik catatan mereka, orang-orang yang menulis dengan tangan bisa belajar lebih baik, menyimpan informasi lebih lama, dan lebih mudah memahami ide-ide baru.

Baca Juga : Obat Herbal Mata Berkabut

Dikutip dari Foxnews, Kiewra mengatakan sejak manusia mengambil pena untuk menulis di kertas, menulis catatan bisa mempercepat para ahli kimia untuk belajar. Caranya, dengan mengubah apa yang didengar dan dilihat menjadi sesuatu yang tersimpan lalu dapat dipelajari nantinya.

Selain itu, menulis juga merangsang otak, dan otak akan membayangkan bagaimana ilmu itu berlangsung. Nah, menurut psikolog di Harvard University, Michael Friedman, menulis catatan adalah proses yang dinamis. Dengan menulis, maka Anda akan memproses apa yang didengar di dalam pikiran Anda.

Penelitian soal masalah menulis dengan tangan memang sudah dilakukan berabad-abad lalu. Hanya saja, kini peneliti lebih fokus pada alat yang digunakan untuk menulis. Mencatat dengan pensil pun pertama kali dilakukan di abad ke-17 dan informasi yang diterima otak pun tidak begitu berbeda hasilnya dibandingkan dengan saat mencatat menggunakan pulpen di kemudian hari.

Nah itu dia penjelasan mengenai Manfaat Menulis Dengan Tangan Untuk Kesehatan Otak. Ada sejumlah studi yang menunjukan bahwa selama masa perkembangan, anak-anak yang rajin menulis dengan tangan memiliki retensi memori yang lebih baik.

Baca Juga : Penyebab Sakit Kepala Saat Menstruasi Dan Cara Mengatasinya

Manfaat Menulis Dengan Tangan Untuk Kesehatan Otak