Manfaat Super Olahraga Capoeira Terhadap Kesehatan

Olahraga Capoeira tak hanya memiliki alur gerakan yang mengalir indah, tapi juga memiliki beragam manfaat untuk kesehatan penggiatnya. Inilah Manfaat Super Olahraga Capoeira Terhadap Kesehatan

Manfaat Super Olahraga Capoeira Terhadap Kesehatan

Manfaat Super Olahraga Capoeira Terhadap Kesehatan | Jika anda adalah orang yang suka mencoba berbagai macam jenis olahraga, maka anda harus mencoba olahraga asal Brazil, apalagi jika bukan Capoeira. Olahraga yang membuat seluruh tubuh ikut serta bergerak ini cukup banyak digemari dan memiliki banyak komunitas.

Jika anda tertarik mencoba, mungkin anda juga perlu tahu apa saja manfaat yang bisa anda dapat dari melakukan olahraga ini. Nah, berikut ini manfaatnya :

  • Mengurangi stres

Koreografi, jika bisa dibilang demikian, dari capoeira hampir selalu ditemani dengan iringan musik upbeat yang membuat Anda bersemangat. Musik iringan capoeira tidak pernah sama antar satu sesi dan yang lainnya.

Setiap mendengarkan musik yang baru, otak kita membentuk struktur kecil baru berdasarkan rangkaian nada yang didengar. Proses tersebut juga membantu kita untuk membentuk pola pikir yang baru. Itu sebabnya berlatih capoeira dapat menjadi alternatif sehat untuk melepas penat, sekaligus memberikan Anda waktu untuk mengembangkan cara pandang yang baru untuk masalah yang sedang Anda hadapi. Alunan musik juga dapat memicu kerja otak dalam menggali suatu informasi yang diingat oleh seseorang.

Terlebih lagi, dengan berolahraga sambil mendengarkan musik, otak akan lebih banyak memproses suara yang diterima dibandingkan hanya melulu fokus pada rasa lelah. Maka tak heran jika manfaat capoeira dapat menghilangkan stres dan meningkatkan rasa bahagia. Ini pun ternyata turut berlaku bagi penonton di sekitar yang hanya menonton laga dari para capoeristas, sebutan bagi penggiat capoeira.

  • Meningkatkan kekuatan tubuh

Gerakan capoeria menitikberatkan pada kombinasi tendangan, jungkir balik, dan lompatan. Biasanya, capoeira dilakukan antar dua orang atau lebih yang saling “bersahutan” layaknya sedang bertarung untuk menjatuhkan lawannya ke lantai. Tentu untuk melakukan gerakan konstan seperti ini membutuhkan tubuh yang fit. Tak jarang capoeira juga dimulai dengan rentetan pemanasan yang melatih ketahanan dan kelenturan tubuh.

Saat Anda meregangkan otot, Anda juga memperpanjang jangkauan tendon (urat) yang mengaitkan otot pada tulang. Semakin panjang tendon, semakin mudah untuk Anda memperbesar ukuran otot saat Anda melakukan latihan kekuatan. Artinya, otot yang lentur memiliki potensi untuk menjadi otot yang kuat juga. Membangun serat otot yang kuat akan mendorong kerja metabolisme tubuh dan tingkat kebugaran tubuh secara keseluruhan. Otot lentur juga dapat memudahkan Anda menjalani rutinitas sehari-hari dan menurunkan risiko cedera.

Selain itu, selama latihan berlangsung, otot tubuh Anda akan belajar untuk menggunakan oksigen secara efisien. Pembakaran oksigen yang semakin efisien tentu akan mengurangi penumpukan asam laktat pada otot. Dengan kata lain, Anda bisa terhindar dari pegal-pegal hingga cedera karena aktivitas harian.

Tubuh yang kuat dan lentur dapat membantu Anda meraih tingkat kebugaran tubuh yang paling optimal, mencegah cedera, dan bahkan melindungi Anda dari berbagai kondisi menyulitkan, seperti arthritis dan penyakit serius lainnya.

  • Minimalisir risiko penyakit jantung

Gerakan-gerakan aerobik capoeira mampu mengurangi risiko penyakit jantung karena dapat membakar lemak yang mengeras di dinding pembuluh darah, sehingga meningkatkan kerja pembuluh darah dan mencegah terjadinya penyumbatan (aterosklerosis). Menurut Arte Capoeira, satu jam Anda melakukan olahraga ini akan membakar sekitar 500 kalori. Tentu ini juga akan mencegah Anda mengalami kegemukan atau obesitas. Seperti yang telah Anda ketahui, obesitas adalah risiko dari penyakit jantung.

Baca Juga : Nutrisi Dan Vitamin Untuk Otak Yang Wajib Terpenuhi | Kesalahan Umum Saat Menggunakan Tabir Surya

Itu dia Manfaat Super Olahraga Capoeira Terhadap Kesehatan. Jika anda tertarik melakukan capoeira, anda bisa mengikuti komunitas capoeira untuk bisa berlatih bersama, dan ini akan lebih seru karena selain anda melatih tubuh anda, juga bisa menambah banyak teman.

Manfaat Super Olahraga Capoeira Terhadap Kesehatan