Masalah Kulit Yang Sering Diabaikan Padahal Sebaiknya Diperhatikan

Banyak orang tidak mengetahui masalah kulit yang tengah dihadapi dan sering membiarkan dan tidak mengobatinya. Nah dibawah ini ada beberapa Masalah Kulit Yang Sering Diabaikan Padahal Sebaiknya Diperhatikan

Masalah Kulit Yang Sering Diabaikan Padahal Sebaiknya Diperhatikan

Masalah Kulit Yang Sering Diabaikan Padahal Harus Diperhatikan | Selama ini, masalah kulit yang paling sering kita perhatikan hanya jerawat, pori-pori besar, komedo, dan kulit berminyak saja. Singkatnya, hanya kulit wajah sajalah yang selalu menjadi pusat perhatian. Padahal, kulit dibagian tubuh lainnya juga butuh diperhatikan dan dirawat. Berbagai masalah kulit dibagian tubuh lain cenderung diabaikan, ditunggu sampai sembuh sendiri. Tahukah anda bahwa masalah-masalah kulit dibawah ini bisa jadi parah jika terus-menerus diabaikan??

Masalah Kulit Yang Sering Diabaikan Padahal Sebaiknya Diperhatikan

  • Kemerahan pada kulit

Kemerahan pada kulit dapat disebabkan oleh adanya peradangan. Kemerahan yang samar dapat menunjukan peradangan bersifat ringan. Namun ketika kulit sudah mengalami radang, maka kemampuan perlindungan kulit semakin menurun. Akibatnya kulit menjadi lebih rentan dan sensitif. Apabila kondisi ini didiamkan beberapa waktu, maka dapat terjadi reaksi yang semakin hebat.

  • Rasa gatal pada kulit

Rasa gatal pada kulit juga menunjukkan adanya suatu reaksi radang. Kadang gatal dirasakan hanya samar-samar, yaitu berupa sensasi yang tidak terlalu kentara. Hal ini biasanya disebabkan karena kondisi kulit yang kering. Sensasi gatal ini biasanya dirasakan ketika kulit terpajan suhu dingin, kelembaban yang rendah (seperti di ruangan ber-AC), atau menggunakan produk kosmetik tertentu.

Rasa gatal juga dapat terjadi akibat kulit mengalami reaksi alergi maupun reaksi iritasi akibat pajanan bahan tertentu termasuk bahan kosmetik. Apabila kondisi ini diabaikan dan pemakaian produk tersebut diteruskan, lama-kelamaan reaksi gatal akan semakin bertambah disertai tanda-tanda radang yang lain berupa kemerahan, rasa panas, bengkak, rasa perih akibat reaksi akumulatif.

  • Rasa menyengat pada kulit

Rasa menyengat pada kulit menunjukan reaksi iritasi pada kulit akibat paparan suatu zat. Reaksi ini cukup kuat sehingga langsung dirasakan menyengat. Segera bersihkan paparan zat yang dicurigai untuk mencegah kerusakan kulit lebih lanjut.

  • Kulit menjadi merah dan panas ketika terkena matahari.

Pajanan matahari dapat menyebabkan kulit menjadi merah dan panas. Namun selain itu, kulit dapat menjadi lebih sensitif terhadap matahari akibat penggunaan kosmetik tertentu yang meningkatkan sensitivitas kulit terhadap matahari.

  • Munculnya komedo setelah penggunaan kosmetik

Komedo dirasakan sebagai masalah umum yang pernah dialami oleh hampir semua orang. Namun munculnya komedo setelah penggunaan kosmetik perlu diwaspadai. Hentikan penggunaan kosmetik tersebut , dan diperlukan pengobatan yang sesuai.

  • Muncul jerawat merah dan berisi nanah setelah penggunaan kosmetik

Biasanya jerawat yang muncul dalam waktu cepat setelah penggunaan kosmetik berupa kemerahan dan berisi nanah. Segera hentikan penggunaan kosmetik tersebut.

  • Rasa tidak nyaman atau rasa terbakar setelah penggunaan kosmetik

Keadaan ini dapat terjadi akibat bahan kosmetik yang menyebabkan alergi atau iritasi pada sebagian orang yang memiliki kulit sensitif. Namun hal ini dapat terjadi pula akibat penggunaan bahan kosmetik yang secara umum aman (tidak menimbulkan reaksi alergi maupun reaksi iritasi) pada keadaan kulit yang tidak sehat.

  • Flek atau kehitaman pada kulit akibat pemakaian kosmetik

Flek kehitaman atau kecoklatan paling sering muncul akibat pajanan matahari. Namun masalah kulit berupa flek kehitaman atau kecoklatan dapat muncul akibat penggunaan bahan kosmetik tertentu secara tidak tepat. Oleh sebab itu penting untuk menggunakan bahan kosmetik yang terbukti aman dan diproduksi oleh lembaga yang bertanggungjawab. Jika hal ini terjadi pada kulit Anda, maka segeralah lakukan konsultasi dengan dokter agar masalah tersebut dapat diatasi dengan baik.

  • Selulit

Selulit sebetulnya adalah hal yang lumrah. Ini terjadi akibat tumpukan lemak di area-area seperti paha dan pinggul. Selulit bukan hanya diderita oleh mereka yang obesitas, tapi oleh semua orang, tak peduli berapa berat mereka. Bahkan pria pun juga punya selulit. Meski tidak berbahaya, tidak ada salahnya juga untuk menghilangkan “tanda” ini dikulit.

Lihat Juga Artikel Menarik Lainnya :

  1. Manfaat Kopi Untuk Kulit, Bisa Atasi Jerawat Sampai Memudarkan Selulit
  2. Cara Efektif Mengatasi Rasa Cemas Yang Berlebihan

| Masalah Kulit Yang Sering Diabaikan Padahal Sebaiknya Diperhatikan|