Menikah Dapat Turunkan Risiko Demensia, Benarkah?

Salah satu manfaat kesehatan yang bisa anda dapatkan bila menikah, selain hidup bahagia, yaitu Menikah Dapat Turunkan Risiko Demensia, Benarkah? Simak penjelasannya dibawah ini.

Menikah Dapat Turunkan Risiko Demensia, Benarkah?

Menikah Dapat Turunkan Risiko Demensia, Benarkah? | Orang yang sudah lanjut sering mengalami kondisi lupa ingatan atau yang lebih dikenal dengan demensia. Gejala awal yang timbul dari penyakit ini sering kita abaikan dan akhirnya menjadi serius. Demensia memiliki risiko yang lebih besar diderita oleh orang yang masih lajang. Bagaimana bisa?

Memiliki pasangan dapat mendorong kebiasaan sehat, memperoleh kesehatan, dan memberikan dukungan sosial yang penting. Para ahli melakukan analisis terhadap 15 studi yang berisi data demensia dan status perkawinan yang melibatkan lebih dari 800.000 orang dari Eropa, Amerika Utara dan Selatan, serta Asia.

Baca Juga : Obat Mata Bintitan

Penelitian tersebut diterbitkan dalam Journal of Neurology, Neurosurgery, and Psychistry, menyimpulkan bahwa dibandingkan dengan pasangan suami istri, orang lajang memiliki risiko demensia 42% lebih tinggi, dan untuk janda memiliki tingkat kenaikan 20%. Namun, tidak ada risiko tinggi yang ditemukan di antara perceraian dengan mereka yang masih menikah. Selain itu, efek yang dialami oleh seorang janda adalah dikarenakan stres.

Para peneliti yang dipimpin oleh para ahli dari University College London mengatakan, penelitian sebelumnya menunjukkan bahwa orang yang sudah menikah dapat mengadopsi gaya hidup yang lebih sehat. Baca Juga : Obat Demensia Herbal | Walatra Berry Jus

Ada penelitian yang menyakinkan bahwa orang-orang yang menikah umumnya hidup lebih lama dan memiliki kesehatan yang lebih baik dengan berbagai faktor yang mungkin berkontrubusi pada hubungan tersebut. Orang yang sudah menikah cenderung lebih beruntung secara finansial dan faktor yang paling terjalin erat adalah dalam aspek kesehatan.” ujar Dr. Laura Phipps dari Alzheimer’s Research UK seperti dilansir dari Theguardian.

Demensia dapat berkembang karena dikaitkan dengan karakteristik kognitif atau kepribadian yang mendasar. Menikah dapat meningkatkan ketahanan mental yang memungkinkan orang terhindar dari penyakit seperti demensia dan Alzheimer sebelum menunjukkan gejalanya.

Baca Juga : Manfaat Minum Jus Pare Campur Jahe Untuk Kesehatan Tubuh

Menikah Dapat Turunkan Risiko Demensia, Benarkah?