Mitos Yang Salah Seputar Diet Yang Harus Diabaikan

Mencari tahu berbagai informasi mengenai diet adalah hal yang wajib anda lakukan sebelum melakukan diet. Namun sayangnya, tak semua informasi-informasi tersebut benar dan tak terbukti secara ilmiah. Ada  beberapa pemahaman soal diet yang salah kaprah dan ternyata dipercayai oleh sebagian besar dari kita. Simak selengkapnya Mitos Yang Salah Seputar Diet Yang Harus Diabaikan dibawah ini.

Mitos Yang Salah Seputar Diet Yang Harus Diabaikan

Mitos Yang Salah Seputar Diet Yang Harus Diabaikan | Sejumlah orang yang ingin menurunkan berat badan kerap salah dalam mengartikan diet. Mereka menganggap, diet harus mengonsumsi makanan yang sehat, organik, tidak makan makanan berlemak, dan hanya mengonsumsi sayur dan buah-buahan. Padahal diet yang sesungguhnya tidak seperti itu.

Diet adalah mengatur pola makan yang benar. Benar waktu wamakn, benar jumlah makanan, serta benar jenis makanan yang dipilih. Tak ketinggalan, mutu dan kualitasnya. Artinya, sekalipun diet tidak mengonsumsi makanan sehat, mereka tetap bisa langsing bila mengikuti pedoman ini.

Mitos Yang Salah Seputar Diet

  • Menghindari makan malam

Makan malam ibarat momok yang menakutkan bagi pelaku diet. Makan malam pun sering disalahkan sebagai penyebab berat badan Anda melonjak.

Faktanya, menghindari makan malam justru akan membuat Anda lebih lapar dan cenderung mengemil pada malam hari. Untuk menyiasatinya, pilihlah makanan yang tinggi serat tetapi rendah kalori, seperti sayur dan buah

  • Diet detoks

Memang, berat badan Anda dapat turun dengan minum jus buah atau sayuran saja dalam sehari. Namun, Anda tidak mungkin melakukan pola diet tersebut seumur hidup, bukan?

Ketika Anda kembali ke pola makan normal, justru berat badan Anda akan meningkat dan Anda akan kehilangan berbagai nutrisi penting.

  • Menghindari karbohidrat

Karbohidrat merupakan sumber energi utama tubuh Anda. Menghindari karbohidrat justru akan membuat Anda lemas dan tidak berenergi.

Untuk menyiasatinya, Anda bisa mengganti karbohidrat yang tinggi serat tetapi rendah indeks glikemik. Contohnya, beras merah atau roti gandum.

  • Melakukan diet sangat rendah kalori

Diet dengan kalori yang sangat rendah (< 1000 kalori) akan membuat Anda kekurangan berbagai vitamin dan mineral penting.

Berat badan Anda memang dapat turun sekejap, tetapi Anda juga bisa berisiko mengalami efek samping kesehatan. Seperti diare, muntah, bau mulut, hingga kerontokan rambut.

  • Berolahraga dengan perut kosong

Ada mitos bahwa berolahraga dengan perut kosong dapat membakar kalori lebih banyak. Berdasarkan penelitian, berolahraga dengan atau tanpa makan terlebih dahulu tidak akan banyak memengaruhi pembakaran kalori.

Namun, ada baiknya Anda makan terlebih dahulu maksimal 1 jam sebelum berolahraga agar tidak terjadi gangguan pencernaan.

Menurunkan berat badan paling baik dilakukan dengan kombinasi diet sehat dan olahraga. Kedua hal ini tidak dapat dipisahkan. Anda harus tetap melakukan olahraga bersamaan dengan pengaturan makanan.

Telitilah setiap informasi yang Anda dengar agar tidak terjebak dalam mitos diet yang bisa merugikan Anda. Hindari penurunan berat badan yang drastis. Penurunan berat badan yang ideal adalah 0.5 kg per minggu. Sekian mengenai Mitos Yang Salah Seputar Diet Yang Harus Diabaikan, semoga bermanfaat.

Baca Juga : Faktor Penyebab Susah Mengingat Dan Sering Lupa

| Mitos Yang Salah Seputar Diet Yang Harus Diabaikan |