Olahraga Yang Tepat Untuk Anak Penderita Down Syndrome

Olahraga menjadi aktivitas yang sangat penting untuk semua orang, tua, muda, dewasa apalagi anak-anak, sudah tidak perlu diragukan lagi manfaatnya. Manfaatnya pun dapat dirasakan oleh anak down syndrome. Ada beberapa Olahraga Yang Tepat Untuk Anak Penderita Down Syndrome.

Olahraga Yang Tepat Untuk Anak Penderita Down Syndrome

Olahraga Yang Tepat Untuk Anak Penderita Down Syndrome | Anak dengan Down syndrome atau sindrom Down bukan berarti mereka tidak dapat melakukan apa-apa, sehingga harus terkungkung di dalam rumah. Mereka juga perlu melakukan aktivitas yang beragam dan menstimulasi seperti anak-anak lainnya. Salah satunya adalah dengan melakukan olahraga. Nah, dibawah ini kami uraikan beberapa jenis olahraga yang tepat dan cocok untuk anak berkebutuhan khusus :

  • Permainan Bocce

Manfaat olahraga ini bisa dibilang sangat komplet untuk anak Down Symdrome. Pada permainan Bocce, ada kombinasi antara permainan dan gerak-gerak tubuh yang bermanfaat untuk merangsang saraf dan gerakan motorik tubuh.

Bocce melatih motorik tangan dan kaki, mengasah konsentrasi, latihan bersosialisasi dan kerja sama tim. Posisi tubuh dan gerakan saat melempar bola juga berfungsi melatih kelenturan otot punggung, tangan dan kaki.

Baca Juga : Obat Flu Dan Batuk Menahun

Setiap anggota regu mendapatkan kesempatan melempar bola sehingga mereka bisa saling belajar berkomunikasi. Agar bola mengenai atau mendekati sasaran, pelempar mesti melakukan dengan konsentrasi penuh.

  • Renang

Renang adalah salah satu olahraga yang dapat melatih banyak otot dalam tubuh. Hal ini disebabkan karena saat berenang, otot ekstremitas atas, bawah, serta otot pernapasan ikut terlibat sehingga anak dapat berkembang sesuai dengan usianya. Di samping itu, renang juga dapat membakar kalori lebih banyak dibanding olahraga lain yang dilakukan dalam waktu yang sama.

  • Menari

Bergerak menggunakan musik dapat melatih pendengaran serta otot-otot pada tubuh. Dengan belajar menari dan mengikuti alunan musik, dapat membantu meningkatkan kekuatan otot serta kemampuan pendengaran anak penyandang sindrom Down. Baca Juga : Walatra Berry Jus

  • Basket atau sepak bola

Olahraga beregu ini dapat melatih anak dengan sindrom Down untuk bersosialisasi. Mereka dapat belajar untuk menerima kekalahan dan bersikap rendah hati saat mendapatkan kemenangan. Sehingga, dalam kehidupan nantinya mereka dapat lebih menerima kekurangannya saat berada di lingkungan kerja dan lingkungan lainnya.

  • Bulutangkis

Bulutangkis termasuk salah satu olahraga yang tepat untuk anak down syndrome. Kenapa? karena gerakan-gerakan pada bulutangkis dapat membantu meningkatkan kepadatan tulang kaki dan pinggul.

Bulutangkis dapat membantu meningkatkan denyut jantung yang selanjutnya juga dapat meningkatkan fungsi paru- paru. Melompat, berlari, dan peregangan, dalam olahraga ini juga meningkatkan fungsi otot pernafasan.

Baca Juga : Alasan Kenapa Tidak Disarankan Langsung Mandi Setelah Olahraga

Olahraga Yang Tepat Untuk Anak Penderita Down Syndrome