Penyebab Berat Badan Sulit Turun Meski Sudah Rajin Olahraga

Sudah Olahraga Tetapi Berat Badan Tidak Turun Juga? Anda mungkin melakukan beberapa kesalahan seperti dibawah ini. Inilah Penyebab Berat Badan Sulit Turun Meski Sudah Rajin Olahraga.

Penyebab Berat Badan Sulit Turun Meski Sudah Rajin Olahraga

Penyebab Berat Badan Sulit Turun Meski Sudah Rajin Olahraga | Memiliki tubuh sehat dengan berat badan ideal tentunya menjadi impian semua orang. Namun bagaimana jika badan sulit kurus meski sudah olahraga? Menjawab hal ini, Departemen Ilmu Gizi Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia merekomendasikan kombinasi diet sehat dan olahraga sebagai strategi dasar dalam menurunkan berat badan.

Jika masih juga sulit turun meski sudah rajin olahraga, mungkin ada yang keliru dalam pola diet Anda. Jurnal Clinical Medical Insights pada 2015, menyebutkan kesalahan mendasar yang sering membuat berat badan sulit turun meski sudah berolahraga, berikut diantaranya :

  • Gerakan kurang variatif

Ketika olahraga, banyak orang berfokus pada satu jenis gerakan. Misalnya untuk mengecilkan perut, sepanjang hari hanya melakukan sit up. Gerakan ini memang sangat terfokus pada otot perut, karena mengisolasi gerakan otot tersebut. Tentu sangat efektif. Namun dalam hal pembakaran kalori, jauh lebih efektif jika melibatkan kelompok otot lainnya dengan menambahkan gerakan lain sebagai variasi.

  • Intensitas tidak meningkat

Tubuh manusia sangat pandai melakukan adaptasi, termasuk otot dan sistem saraf. Hanya dalam 6-8 pekan, olahraga seakan kehilangan manfaatnya jika dilakukan dengan intensitas yang sama. Pada titik tersebut, akan terjadi plateau. Berat badan tidak lagi turun, seolah-olah mentok. Untuk mengatasinya, secara bertahap intensitas harus selalu ditingkatkan.

  • Fokus hanya pada kardio

Latihan kardiovaskular memang membakar banyak kalori. Maka tidak heran pada pelari dan pesepeda tubuhnya ramping-ramping. Namun jangan mengharapkan tubuh akan seramping itu jika hanya mengandalkan olahraga kardio. Menambahkan sesi latihan beban akan meningkatkan massa otot, yang artinya juga meningkatkan konsumsi energi dari pembakaran kalori.

  • Meremehkan istirahat

Istirahat adalah bagian penting dari latihan. Olahraga dalam kondisi otot letih tidak akan pernah memberikan hasil maksimal. Butuh rehat untuk memberi kesempatan sel-sel otot memperbaiki diri dari kerusakan, agar berfungsi optimal pada sesi latihan berikutnya.

  • Tidak konsisten

Olahraga berat di akhir pekan, pasti akan membakar banyak kalori. Tapi jangan berharap berat badan akan turun dengan serta merta, jika enam hari berikutnya lebih banyak duduk di depan komputer. Efek olahraga terhadap laju metabolisme akan segera hilang jika tidak dijalankan secara rutin.

Baca Juga : Penelitian Mengklaim Sinar Matahari Bikin Otak Cerdas

| Penyebab Berat Badan Sulit Turun Meski Sudah Rajin Olahraga |