Penyebab Dan Cara Mengatasi Puting Lecet Saat Menyusui

Penyebab Dan Cara Mengatasi Puting Lecet Saat Menyusui | Salah satu masalah yang sering dikeluhkan oleh ibu yang baru melahirkan yaitu puting lecet saat menyusui. Hal ini paling sering disebabkan oleh cara menyusui yang salah karena kurangnya pengetahuan bagaimanan cara menyusui yang benar.

Ketahui Penyebab Dan Cara Mengatasi Puting Lecet Saat Menyusui. Karena Jika penyebab puting lecet telah ditemukan dan diatasi, maka biasanya akan menyembuhkan sendiri dengan cepat. Namun jika hal ini tidak terjadi, maka bisa menjadi lebih parah bahkan menimbulkan infeksi.

Penyebab Dan Cara Mengatasi Puting Lecet Saat MenyusuiPenyebab & Cara Mengatasi Puting Payudara Lecet

Penyebab Dan Cara Mengatasi Puting Lecet Saat Menyusui — Menyusui merupakan salah satu hal yang paling membahagiakan bagi sebagian besar ibu dalam proses merawat buah hati mereka. Bukan hanya itu, bahkan menyusui juga bisa menjadi sarana guna mendekatkan antara ibu dan buah hati, karena ketika menyusui akan terjalinnya proses kedekatan serta kekuatan fisik dan emosional antara ibu juga anak.

Akan tetapi, puting lecet saat menyusui merupakan hal umum yang sering dialami oleh ibu menyusui, dan itu akan mengganggu proses kedekatan ini. Lecet dibagian puting ininjuga bisa terjadi ketika si kecil menggigit puting payudara terlalu kencang.

Penyebab Puting Lecet

Guna menentukan pengobatan atau cara mengatasi yang sesuai, kenalilah terlebih dahulu beberapa kondisi dibawah ini yang bisa menjadi penyebab puting lecet serta gejalanya.

  • Infeksi Jamur

Kondisi ini biasanya terjadi kerana didalam mulut bayi terdapat jamur yang kemudian menempel pada puting ang ibu saat menyusui. Hasilnya, puting terkena infeksi jamur dan mengalami lecet yang juga ditandai dengan bagian puting kemerahan, gatal, permukaan puting terlihat mengkilap, dan payudara terasa nyeri pada saat menyusui atau sebelumnya.

  • Tali Lidah

Tali lidah adalah selaput yang menghubungkan dasar mulut dengan bagian bawah lidah. Jika selaput ini meregang terlalu panjang atau selaputnya yang terlalu pendek, bayi akan mengalami masalah saat menyusui. Sehingga dapat menyebabkan ibu mengalami puting lecet.

  • Saluran Susu Tersumbat

Kondisi ini ditandai dengan adanya lapisan kulit tipis yang tumbuh di bagian atau saluran susu. Warna dari lapisan kulit tipis ini bisa berwarna kuning atau putih. Saluran susu yang tersumbat akan membuat susu sulit untuk keluar, bayi menyedot lebih kuat, dan akhirnya puting pun terasa sakit.

  • Puting Melepuh

Puting lcet juga bisa disebabkan oleh penggunaan pompa ASI yang tidak benar atau kesalahan poisi menyusui. Sehingga, gesekan pada saat menyusui atau memompa ASI membuat puting melepuh. Kondisi ini ditandai dengan sakit selama meyusui, selain itu puting yang melepuh juga akan mengeluarkan cairan berdarah, ening (tidak berwarna) atau kuning.

Cara Mengatasi Puting Payudara Lecet

  • Kompres Dengan Kantong Teh Hangat

Langkah awal yang bisa anda lakukan dalam mengatasu lecet di bagian puting payudara yaitu dengan cara mengkompresnya dengan menggunakan kantong teh hangat. Karena hangatnya kantong teh mampu memberikan ketenangan dari rasa sakit yang dialami dibagian puting.
Bukan hanya itu, anda juga bisa menggunakan cara ini sebelum anda menyusui, yang mana memiliki fungsi untuk mencegah terjadinya luka ketika anda menyusui.

  • Olesi Dengan ASI

ASI atau air susu ibu memiliki kandungan zat antibodi dalam jumlah yang cukup banyak. Dan jika anda mengalami lecet dibagian puting, maka anda bisa mengoleskan ASI yang keluar dari payudara anda di sekitar puting dan areola. Dan hal ini merupakan salah satu cara yang paling efektif dalam mengobati puting payudara yang lecet.

  • Memompa ASI

Dengan anda memompa ASI, maka bisa anda jadikan cara untuk meminimalisir terjadinya lecet dibagian payudara anda. Bahkan tindakan seperti ini juga bisa membantu anda dalam melunakkan juga memanjangkan bagian puting payudara anda, sehingga bisa mempermudah keluarnya ASI dan si kecil tidak lagi mengigit puting payudara anda terlalu keras yang nantinya bisa berakibat lecet dibagian puting payudara anda.

  • Melepas Bra

Ketika anda mengalami lecet dibagian puting payudara, dan lecet tersebut sudah dirasa sangat parah, maka anda bisa melepas bra anda sejenak. Dan hal ini bisa anda lakukan guna mengurangi terjadinya gesekan antara puting dan pakaian yang anda gunakan. Melepas bra yang anda gunakan juga bisa mengurangi kelembaban puting ayudara anda terlalu keras yang nantinya bisa berakibat lecet dibagian puting payudara anda.

Baca Juga : Obat Herbal Untuk Mengatasi Puting Payudara Lecet Saat Menyusui

Itulah Penyebab Dan Cara Mengatasi Puting Lecet Saat Menyusui. Lecet di bagian puting payudra merupakan hal umum yang pastinya dialami oleh semua ibu ketika berada di masa menyusui. Dan sebaiknya, ketika puting payudara anda lecet, anda jangan berhenti untuk memberikan ASI eksklusif untuk si kecil, walaupun puting anda lecet, namun anda masih bisa menyiasatinya dengan cara memerah susu anda dan memasukkannya ke dalam botol untuk diberikan kepada si kecil.
Terus kunjungi situs agen qnc jelly gamat ini untuk mengetahu informasi penting dan menarik lainnya.

| Penyebab Dan Cara Mengatasi Puting Lecet Saat Menyusui |