Penyebab Sakit Kepala Saat Menstruasi Dan Cara Mengatasinya

Saat datang bulan, berbagai keluhan dirasakan oleh tubuh wanita, mulai dari nyeri perut, mual hingga sakit kepala. Kondisi ini sebenarnya wajar. Tapi tahukah anda apa penyebab sakit kepala saat datang bulan?? Simak dibawah ini untuk mengetahui Penyebab Sakit Kepala Saat Menstruasi Dan Cara Mengatasinya.

Penyebab Sakit Kepala Saat Menstruasi Dan Cara Mengatasinya

Penyebab Sakit Kepala Saat Menstruasi Dan Cara Mengatasinya | Sakit kepala pada dasarnya dapat disebabkan banyak hal. Namun, sakit kepala saat menstruasi umumnya disebabkan oleh perubahan hormon dalam tubuh wanita. Para ahli menemukan bahwa sakit kepala atau bahkan migrain biasanya muncul antara dua hari menjelang haid, hingga tiga hari pertama menstruasi Anda. Sakit kepala saat haid juga biasanya lebih parah dibanding waktu-waktu lain saat sedang tidak haid.

Sebabnya tak lain dan tak bukan adalah hormon estrogen yang turun mendadak selama PMS dan menstruasi sehingga dapat memicu sakit kepala. Hormon estrogen juga berfungsi mengaktifkan bagian otak yang mengatur rasa nyeri. Semakin rendah estrogen, semakin sedikit pula sumber daya otak untuk meredakan nyeri atau mematikan rasa sakit.

Menurut para ahli di National Migraine Centre, lebih dari separuh wanita yang rutin mengalami migrain, akan mengalami migrain yang lebih parah menjelang atau selama haid. Penelitian menunjukkan bahwa risiko sakit kepala meningkat 25 persen dalam lima hari menjelang hari pertama menstruasi, dan risiko tersebut meningkat menjadi 71 persen dalam dua hari sebelum menstruasi dimulai. Risiko sakit kepala paling tinggi terjadi pada hari pertama dan dua hari setelah menstruasi.

Baca Juga : Obat Herbal Radang Ginjal

Cara Mengatasinya :

Sakit kepala menstruasi tidaklah mengancam nyawa, meski menimbulkan gejala yang menjengkelkan. Jadi sebaiknya hindari obat penghilang rasa sakit untuk menyembuhkan sakit kepala ini. Cobalah beberapa cara alami yang bisa meredakan sakit kepala saat menstruasi.

  • Makan makanan kaya estrogen
    Tingkat estrogen mulai drop satu atau dua hari sebelum wanita mulai pendarahan menstruasi. Jadi konsumsilah makanan kaya estrogen, seperti udang dan jamur, beberapa hari sebelum menstruasi jatuh tempo.
  • Anti-diuretik
    Retensi air dalam tubuh adalah salah satu alasan yang mungkin memperburuk rasa sakit Anda. Jadi hindari diuretik seperti garam dan konsumsi makanan anti-diuretik sebagai gantinya. Ini akan mengurangi retensi air dalam tubuh Anda.
  • Minum cukup air
    Dehidrasi hanya akan membuat keadaan menjadi lebih buruk. Jadi hindari konsumsi kopi dan teh. Minumlah banyak air dan cairan untuk menjaga diri tetap terhidrasi.

Baca Juga : Alasan Nasi Merah Lebih Menyehatkan Ketimbang Nasi Putih

Penyebab Sakit Kepala Saat Menstruasi Dan Cara Mengatasinya