Penyebab Timbulnya Stretch Mark Di Tubuh Yang Perlu Anda Ketahui

Stretch mark bisa saja muncul di beberapa bagian tubuh seperti perut, payudara, lengan atas, paha dan bokong. Hampir 90% wanita setelah melahirkan juga mengalami stretch mark. Penyebabnya bisa beragam bahkan tidak hanya terjadi pada wanita hamil. Simak terus informasi dibawah ini mengenai Penyebab Timbulnya Stretch Mark Di Tubuh Yang Perlu Anda Ketahui.

Penyebab Timbulnya Stretch Mark Di Tubuh Yang Perlu Anda Ketahui

Penyebab Timbulnya Stretch Mark Di Tubuh Yang Perlu Anda Ketahui | Stretch Mark paling sering dialami oleh wanita, apalgi setelah melahirkan. Hampir 90% wanita pasca melahirkan bagian tubuh tertentu timbul guratan-guratan putih.  Tapi jangan salah duga, masalah stretch mark bukan hanya dialami oleh wanita hamil dan melahirkan saja. Remaja putra putri saat ini pun ada yang sudah mengalami stretch mark.

Penyebab stretch mark amat beragam, stretch mark merupakan suatu kondisi dimana permukaan kulit terjadi guratan dan kerutan, ada yang berwarna putih (Stretch Mark Alba) dan ada yang berwarna merah muda (Stretch Mark Rubra).

Yang pasti, stretch mark bukanlah tanda penuaan dan sebenarnya secara medis tidak akan memperngaruhi kesehatan. Hanya saja banyak wanita mengeluhkan berkurangnya percaya diri karena hilangnya kecantikan kulit akibat guratan stretch mark di bagian perut, bokong, paha, maupun lipatan kaki.

Penyebab Timbulnya Stretch Mark

  • Kehamilan

Hal ini disebabkan adanya daerah kulit yang mengalami peregangan, semisal perut. Banyak ibu hamil yang keliru mengira stretch mark timbul akibat garukan di perut atau paha, padahal justru rasa gatal tersebut timbul sebagai gejala awal munculnya stretch mark.

Meski demikian, tetap disarankan untuk tidak terlalu keras dan sering menggaruk daerah yang gatal selama hamil. Ibu hamil juga disarankan tidak menggunakan aneka macam krim pemutih untuk menghilangkan stretch mark tanpa seijin dokter atau bidan. Karena dikhawatirkan pemutih tersebut memiliki kandungan berbahaya untuk janin.

  • Penggunaan Obat-Obatan Yang Mengandung Steroid

Steroid banyak digunakan untuk mengatasi alergi, asma dan rhaumatoid. Obat ini bekerja dengan menjaga keseimbangan hormon yang mengatur metabolisme dan daya taha tubuh. Namun penggunaan steroid dapat memicu distribusi lemak tubuh.
Disarankan untuk mengurangi penggunaan obat yang mengandung steroid yang dapat menjadi pemicu timbulnya stretch mark.

  • Obesitas

Pertambahan berat badan secara mendadak dapat membuat kulit mengalami peregangan dan berpotensi memunculkan guratan stretch mark. Oleh sebab itu disarankan untuk senantiasa menjaga pola makan dan pola hidup sehat dengan menggalakkan olahraga teratur setiap pekan.

  • Makanan Berkalori Tinggi

Makanan dengan kalori tinggi mengandung bahan beku terbentuknya kelompok glukokortikoid yang membuat malas bergerak sehingga mempercepat terjadinya obesitas.
Saat ini banyak ditemukan remaja yang memiliki stretch mark, karena salah satu penyebabnya sering mengkonsumsi makanan tinggi kalori.

  • Kekurangan vitamin A,C,E

Perbanyak konsumsi makanan dan minuman yang mengandung vitaman A,C, dan E untuk mencegah timbulnya guratan stretch mark di daerah kulit.

  • Rokok dan konsumsi alkohol

Jauhi asap rokok, hindarkan diri dari minuman beralkohol yang selain dapat memperburuk penampilan, juga menjadi induk dari segala maksiat.

  • Pemakaian Baju Ketat

Pakaian yang terlalu ketat dapat membuat kulit menjadi trauma, apalagi ketika kulit kering. Batasi penggunaan baju ketat untuk mendapatkan kulit cantik bebas dari stretch mark.

  • Kurangnya Kolagen

Salah satu penyebab munculnya stretch mark adalah kurangnya kolagen dalam tubuh kita. Kasus seperti ini orang yang biasanya mempunyai kulit yang lentur akibat kurangnya protein atau kolagen sehingga bila meregang dengan cepat bisa menimbulkan stretch mark.

  • Keturunan

Tidak bisa dipungkiri kalau faktor keturunan juga merupakan salah satu penyebab munculnya stretch mark, misalnya riwayat keluarga kita mempunyai stretch mark, kemungkinan besar anda juga bisa terkena stretch mark.

  • Ketidakseimbangan hormon

Penyebab stretch mark yang lainnya yaitu ketidakseimbangan hormon. Hal ini sering terjadi saat-saat mengalami pubertas, despresi, kehamilan, serta pengunaan berlebihan pada obat-obat tertentu seperti obat yang mengandung kortikosteroid yang tidak tepat. Kortikosteroid umumnya digunakan untuk menangani kondisi kulit tertentu seperti eksim.

Baca Juga : Cara Cepat Menghilangkan Stretch Mark Dengan Bahan Alami

Nah itulah Penyebab Timbulnya Stretch Mark Di Tubuh Yang Perlu Anda Ketahui. Apakah stretch mark berbahaya? Tentu saja tidak, stretch mark bisa dihilangkan dengan seiringnya waktu atau menggunakan obat atau vitamin tertentu, seperti menggunakan Obat Oles Penghilang Stretch Mark, QnC Jelly Gamat. Sekian dan Semoga bermanfaat.

| Penyebab Timbulnya Stretch Mark Di Tubuh Yang Perlu Anda Ketahui|