Sayuran Yang Tidak Boleh Dimakan Dalam Keadaan Mentah

Pola mengonsumsi makanan sehat saat ini semakin banyak digandrungi masyarakat di seluruh dunia. Salah satu yang kian populer adalah pola makn makanan mentah atau yang sering disebut raw food diet. Diet tersebut hanya meliputi konsumsi sayur, buah dan kacang-kacangan dalam kondisi mentah tanpa melalui proses pemanasan sama sekali. Meski begitu, ada beberapa Sayuran Yang Tidak Boleh Dimakan Dalam Keadaan Mentah

Sayuran Yang Tidak Boleh Dimakan Dalam Keadaan Mentah

Sayuran Yang Tidak Boleh Dimakan Dalam Keadaan Mentah | Terdapat banyak cara untuk mengonsumsi sayuran. Ada yang perlu dimasak, namun ada juga yang bisa langsung dimakan dalam kondisi mentah. Maslaahnya, baikkah mengkonsumsi sayuran dalam keadaan mentah??

Mengonsumsi sayuran dalam keadaan mentah memang tidak akan merusak kandungan nutrisi didalamnya. Tetapi, menyantap sayuran mentah tidak selamanya baik untuk tubuh. Mengonsumsi sayuran mentah membuat seseorang lebih berisiko terserang penyakit.

Helen Bond seorang ahli gizi asal Inggris, sebagaimana dilansir laman Dailymail.co.uk, menyarankan setiap orang memasak sayuran terlebih dahulu sebelum mengonsumsinya. Memasak sayuran setidaknya dapat memberikan rasa aman.

Dengan memasak sayuran, bakteri yang terkandung di dalamnya dapat terbunuh. Memasak sayuran juga melembutkan tekstur masakan yang akan dikonsumsi, sehingga makanan menjadi lebih mudah diserap oleh tubuh.

Sayuran Yang Pantang Dimakan Mentah

  • Akar dan umbi

Sayur-sayuran yang berasal dari akar atau umbi-umbian seperti kentang dan lobak mengandung serat yang sangat tinggi. Begitu pula dengan vitamin. Sayuran akar yang memiliki kulit berwarna gelap memiliki lebih banyak manfaat kesehatan. Tentu saja jenis sayuran ini tidak dapat dikonsumsi mentah. Anda harus merebusnya tanpa dikupas kulitnya. Ini adalah cara terbaik untuk memertahankan manfaat kesehatannya.

  • Asparagus

Saat Anda mengukus asparagus, seluruh nutrisi di dalamnya akan terjaga sehingga sangat bermanfaat jika dikonsumsi. Asparagus juga ampuh dalam melindungi jantung serta sistem saraf. Meski begitu, hati-hati saat mengukusnya karena suhu yang tinggi mampu merusak sebagian nutrisi di dalamnya.

  • Brokoli

Salah satu jenis sayuran yang umum dikonsumsi ini memiliki tekstur yang sedikit keras sehingga lebih baik untuk disantap dalam keadaan matang. Selain itu, studi yang belum lama ini dilakukan juga telah menunjukkan bahwa brokoli akan memberikan manfaat kesehatan yang jauh lebih besar jika disantap setelah dikukus daripada dalam kondisi mentah. Kandungan nutrisi di dalamnya sangat baik bagi sel-sel tubuh dan bahkan disebut-sebut mampu melawan kanker. Tak hanya itu, brokoli juga merupakan sumber vitamin C yang sangat baik.

  • Bayam

Selain zat besi, folat dalam bayam penting untuk pertumbuhan sel dan kesehatan reproduksi. Sebuah studi tahun 2002 menemukan bahwa memasak bayam akan menjaga tingkat folat secara konstan.

Walau vitamin akan berkurang saat bayam mulai menjadi layu akibat pemanasan, sebenarnya tubuh mendapatkan folat yang lebih banyak setelah bayam dimasak.

  • Wortel

Hampir semua orang tahu bahwa wortel sangat baik untuk kesehatan mata. Itu berkat senyawa yang disebut beta-karoten, yang memberikan wortel warna oranye cerah.

Beta-karoten akan diubah menjadi vitamin A dalam tubuh, yang penting untuk membangun visi yang baik, kekebalan tubuh, dan kulit yang sehat.

Pada tahun 2002, peneliti menemukan bahwa memasak wortel dapat meningkatkan jumlah beta-karoten yang mudah diserap oleh tubuh.

  • Tomat

Saus tomat atau pasta tomat yang terbuat dari tomat segar yang dimasak, nyatanya lebih sehat ketimbang tomat yang dikonsumsi mentah.

Saat Anda mengonsumsi tomat segar, maka Anda hanya mendapatkan sekitar 4% dari likopen antioksidan, menurut penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal Ilmu Pangan dan Gizi Internasional.

Pasalnya, tomat mentah memiliki dinding sel tebal yang membuat tubuh kesulitan untuk menyerap likopen.

“Setelah mereka dimasak, likopen menjadi lebih mudah untuk diserap,” kata Wendy Bazilian, RD, penulis Eat Clean, Stay Lean.

Baca Juga : Ganja Efektif Bantu Kurangi Kejang Pada Penderita Epilepsi

| Sayuran Yang Tidak Boleh Dimakan Dalam Keadaan Mentah |