Sederet Penyakit Yang Dapat Disembuhkan Dengan Yoga

Yoga dapat menyembuhkan hampir semua jenis penyakit yang mendera penduduk bumi. Dengan kata lain, anda bisa terbebsa dari semua penyakit jika melakukan yoga secara teratur. Inilah Sederet Penyakit Yang Dapat Disembuhkan Dengan Yoga

Sederet Penyakit Yang Dapat Disembuhkan Dengan Yoga

Sederet Penyakit Yang Dapat Disembuhkan Dengan Yoga | Jika anda menderita penyakit tertentu, cara alami untuk menyembuhkannya mungkin adalah dengan melakukan yoga. Pasalnya, yoga merupakan sebuah kebijaksanaan yang mencakup sistem penyembuhan tanpa obat-obatan modern.

Jika melakukan secara teratur, yoga dapat menyembuhkan penyakit kronis seperti asma dan rematik. Yoga memang tidak bisa menyembuhkan diabetes, tapi yoga membantu menormalkan gula darah. Manfaat lain yang didapat dari yoga adalah penyembuh alami untuk sakit pinggang dan gangguan pencernaan. Bahkan sakit kepala tak tertahankan yang merupakan gejala migrain dapat disembuhkan melalui yoga.

Yoga terbukti dapat menyembuhkan atau meredakan beberapa gangguan kesehatan yang cukup parah. Jadi jika tidak suka menenggak obat, anda bisa mencoba penyembuhan alternatif seperti yoga. Dilansir dari Bldsky, berikut beberapa penyakit yang dapat disembuhkan dengan yoga :

  • Asma

Satu-satunya obat jangka panjang untuk asma adalah dengan melakukan yoga. Inhaler memang dapat menyelamatkan nyawa ketika terjadi sesak napas. Namun, kesembuhan itu tidak berlangsung lama karena serangan sesak napas bisa datang lagi.

Untuk menyembuhkan asma dalam jangka panjang, cobalah untuk mempraktikkan pranayama dan anulom vulom. Pranayama adalah pengaturan nafas keluar masuk paru-paru melalui lubang hidung dengan tujuan menyebarkan prana, atau energi, ke seluruh tubuh. Sedang anulom vulom adalah bernapas dengan menggunakan salah satu lubang hidung secara bergantian.

  • Nyeri punggung

80 persen orang dewasa memiliki pengalaman nyeri punggung. Bila dibiarkan nyeri punggung dapat membuat seseorang tidak nyaman dan mengganggu aktivitas. Gerakan yoga atau peregangan sederhana dapat membantu untuk mengurangi nyeri punggung. Selama Anda fokus saat melakukan yoga dan tidak terlalu memaksakan diri untuk mencoba berbagai posisi yoga yang sulit, maka yoga dapat mengatasi nyeri punggung yang Anda rasakan.

  • Kanker Payudara

Wanita yang menderita kanker payudara metastatik bisa mendapatkan banyak keuntungan dengan melakukan yoga selama dan setelah perawatan. Penelitian menunjukkan bahwa pasien kanker payudara yang melakukan yoga dapat lebih efektif mengatasi efek samping dari pengobatan kanker seperti kemoterapi dan radiasi. Tiga jam yoga setiap minggu mengurangi ketidaknyamanan fisik dan menurunkan kadar hormon stres. Selain itu yoga juga mengurangi kelelahan, peradangan dan nyeri, membuat pasien merasa lebih aktif dan santai.

  • Menopause

Menopause menyebabkan fluktuasi kadar hormon dalam tubuh wanita, bersama dengan perubahan fisik dan psikologis lainnya. Haid tidak teratur, lekas marah, perubahan tidur, berat badan, dan penurunan hasrat seksual merupakan beberapa perubahan yang disebabkan oleh menopause. Berlatih yoga secara teratur dapat mengurangi gejala-gejala ini. Yoga telah terbukti untuk meningkatkan energi, mengurangi ketidaknyamanan fisik, stres dan kecemasan, dan meningkatkan mood.

  • Penyakit Hati

Hati Anda menyimpan banyak vitamin, nutrisi dan mineral yang berfungsi untuk menjaga tubuh tetap sehat. Beberapa postur yoga meningkatkan sirkulasi darah di perut dan menjaga fungsi hati yang tepat antara lain The Cat Pose, Bridge Pose, Spinal Twist dan Cow Pose. Praktekan teknik pernapasan yang benar sepanjang latihan dan minum air yang banyak setelah yoga untuk mengeluarkan racun dalam tubuh.

  • Penyakit jantung

Belum lama ini sebuah penelitian yang dilakukan oleh Erasmus University Medical Center menemukan bahwa, yoga memiliki manfaat untuk kesehatan kardiovaskular. Meski belum mengetahui secara pasti seberapa besar yoga dapat berpengaruh untuk kesehatan kardiovaskular, namun sudah diketahui bahwa yoga sangat baik untuk melancarkan pernapasan. Tidak seperti jenis olahraga yang lain, yoga fokus pada gerakan yang lambat, meditasi pernapasan, dan ketenangan. Ketiga hal tersebut tentu dapat menghilangkan stres dan menurunkan tekanan darah, sehingga sangat baik untuk kesehatan jantung.

  • Depresi

Kehidupan dan rutinitas sehari-hari seringkali membuat stres menumpuk. Bila dibiarkan, stres yang menumpuk dapat membuat seseorang menjadi depresi. Yoga dapat membantu Anda untuk menghilangkan stres. Berolahraga yoga selama sejam, dapat menghilangkan stres dan kecemasan yang Anda rasakan. Gerakan yoga yang mengharuskan Anda untuk berkonsentrasi dan melemaskan tubuh, membuat Anda dapat melupakan berbagai permasalahan yang mengganggu pikiran Anda.

  • Efek samping kemoterapi

Pasien kanker yang menjalani perawatan kemoterapi, pada umumnya akan mengalami kelelahan, pusing, mual, dan tidak bersemangat. Dengan melakukan yoga dua kali seminggu, terbukti dapat mengurangi efek-efek tersebut. Bahkan pasien dapat tidur lebih nyenyak daripada pasien yang tidak menjalani yoga.

  • Gangguan tidur

Seperti kebanyakan jenis olahraga lainnya, yoga dapat membuat tidur Anda lebih nyenyak dan mencegah terjadinya insomnia. Stres, rasa cemas dan gaya hidup yang tidak sehat, seringkali membuat Anda tetap terjaga di malam hari. Mempelajari pernapasan yang lebih lambat dan dalam pada saat yoga dapat membuat tidur Anda lebih teratur.

  • Polycystic Ovary Syndrome (PCOS)

PCOS adalah salah satu wabah yang banyak menyerang wanita muda. Gejalanya adalah menstruasi yang tidak teratur dan penyakit ini dapat mengarah pada infertilitas. Untuk menyembuhkannya, Anda bisa melakukan sikap yoga tertentu seperti corpse pose. Cara itu digadang mampu menyembuhkan PCOS tanpa obat atau operasi.

Itulah Sederet Penyakit Yang Dapat Disembuhkan Dengan Yoga. Kesehatan tubuh memang penting, namun kesehatan rohani juga sama pentingnya jika anda tahu dampaknya bagi tubuh. Ketenangan jiwa adalah cara terbaik untuk memuluhkan segala penyakit dari dalam. Stres dan depresi hanya akan merusak kesehatan itu sendiri. Sekian dan semoga bermanfaat.

Baca Juga : Agar Kesehatan Terjaga, Berapa Jumlah Konsumsi Telur Dalam Sehari? | Yang Harus Diketahui Sebelum Menjalani Kuret

Sederet Penyakit Yang Dapat Disembuhkan Dengan Yoga