Selain Pada Tembakau, Nikotin Juga Ada Pada Beberapa Makanan Ini

Nikotin adalah senyawa kimia yang banyak terdapat didalam rokok. Senyawa alami yang ada dalam tumbuhan ini termasuk kelompok alkaloid. Tahukah anda ternyata Selain Pada Tembakau, Nikotin Juga Ada Pada Beberapa Makanan Ini.

Selain Pada Tembakau, Nikotin Juga Ada Pada Beberapa Makanan Ini

Selain Pada Tembakau, Nikotin Juga Ada Pada Beberapa Makanan Ini | Selama ini rokok memang selalu dianggap punya banyak risiko kesehatan. Penyakit yang didatangkan karena merokok juga banyak, salah satunya kanker.

Kandungan rokok yang berupa nikotin juga selama ini masih kerap disorot. Nikotin yang berasal dari tembakau itu dianggap sebagai salah satu dari banyak zat biang racun dalam rokok.

Daun tembakau memiliki kandungan nikotin yang bervariasi. Standar kandungan nikotin dalam tembakau berkisar 0,5-3,5 % per 100 gram tembakau. Dengan angka yang persentase kandungan yang tak begitu besar itu, selama ini rokok sering disebut menyebabkan kecanduan.

Nah, tapi tahukah anda, selain rokok ternyata ada beberapa makanan yang ternyata juga mengandung nikotin?? Padahal selama ini saat memakannya, anda merasa bahwa makanan tersebut aman dari bahaya nikotin. Berikut beberapa makanan yang terdapat kandungan nikotin didalamnya :

  • Kembang Kol

Menurut sebuah studi tahun 1993, kembang kol mengandung 3,8 g nikotin. Berarti jika memakannya sebanyak 263,4 g, efeknya sama saja seperti berada di dalam ruangan dengan perokok selama tiga jam.

  • Terong

Berdasarkan hasil penelitian, ditemukan bahwa makan 10 g terong punya efek yang sama seperti perokok pasif. Satu buah terong mengandung 100 g nikotin.

Baca Juga : Obat Mata Blefaritis

  • Kentang

Sumber karbohidrat yang satu ini juga mengandung nikotin. Namun hanya kentang berjenis ‘pulp’ saja yang banyak terkandung nikotin. Dalam satu buahnya mengandung 15,3 g nikotin.

  • Kulit Kentang

Makan kentang dengan kulitnya memang baik untuk kesehatan. Meskipun kandungan nikotinnya sedikit tetapi juga perlu batasi konsumsinya kerena mengandung 4,8 g nikotin.

  • Tomat Mentah

Tomat yang masih mengkal atau mentah memiliki jumlah nikotin tertinggi. Dalam sebuah penelitian ditemukan kandungan nikotin dalam tomat hijau sebanyak 42,8 g.

  • Tomat Matang

Sebuah studi yang dilakukan tahun 1993 menemukan 4,1 g nikotin pada tomat matang. Namun jika makan 244 g tomat, efeknya sama seperti perokok pasif.

Baca Juga : Ini Tandanya Jika Tidur Malam Anda Kurang Berkualitas

Selain Pada Tembakau, Nikotin Juga Ada Pada Beberapa Makanan Ini