Serangan Stroke Sering Terjadi Di Kamar Mandi, Ini Penjelasannya

Salah satu penyebab kematian terbanyak adalah penyakit stroke. Bahkan, banyak kasus terjadi tentang stroke terjadi di kamar mandi. Bukan berarti kesuanya ada hubungan secara langsung. Serangan Stroke Sering Terjadi Di Kamar Mandi, Ini Penjelasannya.

Serangan Stroke Sering Terjadi Di Kamar Mandi, Ini Penjelasannya

Serangan Stroke Sering Terjadi Di Kamar Mandi, Ini Penjelasannya | Kita tentu sering mendengar kabar bahwa ada korban stroke yang mengalaminya saat berada di kamar mandi. Sering kali, dalam cerita tentang serangan stroke ini, penderitanya awalnya berada dalam kondisi yang sehat dan bugar namun kemudian tiba-tiba saja terjatuh di kamar mandi. Serangan stroke ini membuat badan korban mengalami kelumpuhan pada sebagian atau bahkan seluruh badan.

Pakar kesehatan dr. Adre Mayza SpS(K) yang berasal dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia menyebutkan bahwa anggapan bahwa jatuh di kamar mandi mampu menyebabkan stroke tidak benar. Justru, yang benar adalah sebaliknya, yakni stroke menyerang terlebih dahulu dan membuat korbannya jatuh di kamar mandi.

Serangan stroke memang cukup rentan terjadi di pagi hari karena di saat itulah, di dalam tubuh sedang terjadi mekanisme pengendalian tekanan darah. Demi menghilangkan kantuk, membuat tubuh lebih berenergi, dan mempersiapkan tubuh untuk beraktifitas, tubuh akan secara alami meningkatkan tekanan darah. Namun, hal ini ternyata bisa mempengaruhi sirkulasi darah, termasuk yang menuju otak dan akhirnya terjadilah stroke jika memang di pembuluh darah terjadi penyumbatan. (Obat Nyeri Punggung Herbal)

Mitos lain yang menyebutkan bahwa saat mandi pagi ada baiknya kita tidak langsung mengguyur air dingin ke kepala karena bisa memicu datangnya stroke ternyata juga tidak benar adanya. Mengguyur kepala dengan air dingin tidak akan memicu perubahan suhu ekstrem pada tubuh apalagi memicu serangan stroke.

Mengingat penyakit ini mampu membuat penderitanya mengalami kelumpuhan atau bahkan menyebabkan kematian, ada baiknya kita menjaga gaya hidup tetap sehat, khususnya dalam hal menjaga pola makan dengan kadar gizi seimbang, tidur cukup, rajin berolahraga, dan tidak merokok demi mencegah datangnya masalah kesehatan ini. Sekian dan semoga informasi diatas bermanfaat.

Baca Juga : Aktivitas Sehat Yang Aman Dilakukan Saat Perut Kosong

| Serangan Stroke Sering Terjadi Di Kamar Mandi, Ini Penjelasannya |