Waspada, Haid Tidak Teratur Bisa Jadi Tanda Tuberkulosis Kelamin

Waspada, Haid Tidak Teratur Bisa Jadi Tanda Tuberkulosis Kelamin — Apakah Anda mengalami haid tidak teratur? Jika ya, mungkin Anda mengalami TB genital.

Waspada, Haid Tidak Teratur Bisa Jadi Tanda Tuberkulosis Kelamin

Waspada, Haid Tidak Teratur Bisa Jadi Tanda Tuberkulosis Kelamin — Haid tidak teratur dapat menjadi tanda genital tuberkulosis (TB).  Sebagian besar, masalah ini dialami oleh wanita dengan masalah infertilitas.

Sekitar 60-70 % perempuan menjadi korban Tuberkulosis genital yang sebagian besar menyebabkan infertilitas“, Kata dokter kandungan dan ginekolog di rumah sakit Hiranandani Fortis, Bandita Sinha.

TB Genital adalah kondisi yang dialami penderita TBC jika kuman TB yang ada di paru-paru telah menyebar ke bagian organ genital. Masalah kesuburan atau bahkan kemandulan merupakan efek samping yang mungkin dialami. Penyebaran kuman TB ke area pelvis dimana organ genital berada membutuhkan waktu yang lama, namun proses infeksi sering kali tidak menimbulkan gejala sehingga keberadaan TBC pada alat kelamin ini sangat sulit terdeteksi.

Gejala TB genital ini lebih mungkin ditemukan pada perempuan karena ditandai dengan berbagai pendarah abnormal dari organ genital, dan juga disertai dengan nyeri pada perut. Sedangkan para laki-laki, gejala TBC pada alat kelamin memiliki kesamaan dengan infeksi saluran kencing lainnya, seperti mengeluarkan darah saat buang air kecil. Infeksi TBC pada alat kelamin tidak memperngaruhi kualitas sel reproduksi secara langsung, namun ia menyebabkan berbagai kerusakan pada organ genital dan sekitarnya terlebih dahulu.

Di antara orang-orang dengan TB genital, 55 persen mempengaruhi Tuba Fallopi (Tabung Fallopi), 40 persen menginfeksi endometrium atau lapisan rahim, 10 persen mempengaruhi indung telur, lima persen mempengaruhi leher rahim. Hanya mereka yang didiagnosis dengan cepat dan diberikan pengobatan yang tepat waktu, rahim berhasil sembuh dengan baik,” katanya.

Ia mengatakan bahwa hampir 90 persen wanita dengan TB genital didiagnosis pada kelompok usia 15-40 tahun. Infertilitas pada kondisi tuberkulosis genital terjadi pada 60-80 persen kasus.

Di antara mereka dengan TB genital, 60 persen menderita ketidakteraturan menstruasi, 25 persen mengalami sedikit pendarahan, 10 persen memiliki menstruasi minim dan 20 persen tidak menstruasi sama sekali,” kata Sinha.

Seorang ginekolog senior rumah sakit Zen, Gauri Gore, mengatakan, wanita dengan masalah ini sebenarnya masih bisa disembuhkan. Tetapi jika tuba falopi sudah rusak, maka mereka akan kesulitan hamil, kecuali memilih untuk IVF (bayi tabung). Jika lapisan rahim rusak secara permanen, maka mereka dapat memilih untuk operasi.

Diagnosis dan pengobatan tuberkulosis tepat waktu dapat mengontrol efek berbahaya dari penyakit ini,” ujarnya.

Baca Juga : Mengenal Gejala Penyakit Tuberkulosis (TB) Pada Anak


Saat ini anda tidak perlu khawatir akan penyakit TBC. Karena kini telah tersedia QnC Jelly Gamat yang dapat mengobati penyakit Tuberkulosis sampai tuntas. Obat herbal yang berbahan dasar utama Ekstrak Teripang Emas ini dapat mengobati semua jenis penyakit Tuberkulosis dan sangat aman dikonsumsi segala usia serta tidak akan menimbulkan efek samping. Untuk informasi lebih lanjut bisa dilihat disini > Obat Tuberkulosis Herbal < atau bisa langsung menghubungi nomer kontak yang ada disebelah kanan halaman ini. Terima kasih..

– Waspada, Haid Tidak Teratur Bisa Jadi Tanda Tuberkulosis Kelamin –